Kompas.com - 17/10/2021, 10:18 WIB
Ilustrasi ular. ShutterstockIlustrasi ular.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ular dapat menjadi hewan peliharaan yang baik selama Anda memilih jenis ular yang sesuai dengan tingkat pengalaman Anda dan ular yang sehat.

Hewan reptil ini membutuhkan kandang yang aman, berukuran tepat yang terbuat dari bahan yang sesuai, serta kandang harus ditutup dengan penutup yang tepat. 

Baca juga: Awas, Hal ini Menarik Ular Masuk ke Halaman Rumah

Ada beberapa jenis substrat yang dapat digunakan di kandang ular sebagai tempat atau alas tidur hewan melata ini. Setiap jenis substrat ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk ular peliharaan

Melansir dari The Spruce Pets, Minggu (17/10/2021), berikut enam hal yang dapat dijadikan alas tidur ular peliharaan.  

Baca juga: Ingin Memelihara Ular? Ketahui Dulu Beberapa Hal Penting Ini 

Koran

Koran populer untuk alas ular karena mudah diperoleh. Anda sering bisa mendapatkannya secara gratis dan mudah untuk mengubahnya saat hewan peliharaan mengotorinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seekor ular tidak dapat dengan mudah menggali di koran. Meski bukan jenis substrat yang sangat dekoratif, tetapi koran sangat bagus untuk anggaran yang ketat.  

Baca juga: 5 Cara Mencegah Ular Masuk ke Dalam Rumah

Kertas tisu

Sama dengan koran, kertas tisu dapat menjadi alas tidur ular yang bagus karena dapat menyerap dan mudah dilepas saat kotor.

Cukup lepaskan handuk dan ganti dengan yang baru saat membersihkan kandang ular. Kertas tisu paling cocok untuk ular yang tidak dapat menggali. 

Baca juga: Musim Hujan Tiba, Waspadai Ular Masuk Rumah 

Pasir

Ilustrasi ular sanca kembang.KOMPAS.com/M IQBAL FAHMI Ilustrasi ular sanca kembang.
Pasir adalah substrat yang lebih estetis untuk ular daripada koran dan tisu kertas. Anda dapat membelinya di toko hewan peliharaan dalam berbagai warna agar sesuai dengan skema dekoratif Anda.

Ular bisa menggali di pasir, tapi hal itu bisa berdampak buruk bagi ular bila pasir tertelan. Pasir yang tertelan menyebabkan impaksi dan butiran pasir bisa masuk ke bawah sisik ular.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.