Kompas.com - 17/10/2021, 11:39 WIB
Ilustrasi membersihkan TV. PEXELS/COTTONBROIlustrasi membersihkan TV.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah menjadi rahasia lagi bahwa perangkat elektronik, termasuk televisi (TV), dapat menarik debu dengan mudah. 

Tentu saja, debu dan berbagai noda tak pernah dinginkan muncul di layar televisi. Keberadaan debu dan noda pad televisi tidak hanya membuat TV kotor, tapi juga rumah terlihat tidak terawat.  

Baca juga: Cara Mendekorasi Dinding Sekitar TV agar Tampak Cantik

 

Namun, tak perlu khawatir, ada beberapa panduan tentang cara membersihkan layar TV dengan benar sehingga bisa menjaga layar TV tetap bagus serta meningkatkan kesenangan menonton. 

Melansir dari American Home Shield, Minggu (17/10/2021), berikut cara tepat membersihkan layar TV

Baca juga: Apakah Harus Mencabut Kabel Colokan TV Saat Malam Hari? 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketahui jenis TV

Ada banyak jenis TV di pasaran yang digunakan saat ini, dari CRT, LCD, LED, OLED, serta Plasma. Untuk itu, sebelum membersihkan layar TV, berkonsultasi terlebih dahulu cara pembersihan yang tepat dan sesuai jenis TV. 

TV plasma memiliki layar kaca, tetapi juga memiliki lapisan anti-silau. Ini membuat petunjuk pembersihannya sama dengan layar TV LCD, LED, dan OLED yang lebih sensitif. 

Baca juga: Cara Mendekorasi Dinding Sekitar TV agar Tampak Cantik

Jangan pernah menggunakan pembersih kaca atau pembersih komersial apa pun yang mengandung amonia, alkohol, atau bahan abrasif apa pun untuk membersihkan jenis TV di atas. 

Jika Anda memilih menggunakan pembersih layar TV komersial, pastikan labelnya tidak mengandung bahan berbahaya tersebut.

Namun, dalam kebanyakan kasus, Anda hanya membutuhkan kain yang bersih, lembut, dan kering seperti kain mikrofiber untuk membersihkan layar TV. Namun, hindari menggunakan tisu kertas karena dapat menggores layar TV. 

Baca juga: Cegah Kuman dan Bakteri, Begini Cara Membersihkan Remote TV 

Matikan TV 

Sebelum mulai membersihkan layar TV, matikan TV dan cabut kabel dari stopkontak, lalu  biarkan TV dalam keadaan dingin. 

Halaman:


Sumber Ahs
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.