Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Perlu Menggunakan Smart TV? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Kompas.com - 24/06/2021, 14:38 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Televisi (TV) sering kali menjadi perangkat elektronik yang selalu ada di dalam ruang keluarga atau ruang tamu.

Seiring perkembangan zaman, kini banyak produsen yang meluncurkan produk smart TV yang lebih memberikan pengalaman menarik dalam menonton.

Dilansir dari Tech Consumer Guide, Kamis, (24/6/2021) smart TV memiliki beberapa keunggulan daripada TV biasa, yakni mereka memiliki sistem operasi dan fungsionalitas tambahan. Fungsionalitas tambahan inilah yang membuat smart TV menjadi populer.

Baca juga: Smart TV dan Android TV, Apa Perbedaan Keduanya?

Ada beberapa perbedaan antara smart TV dan TV biasa, yang pertama adalah perangkat lunak atau software yang dibenamkan di dalamnya.

Smart TV memiliki software yang dimuat dengan banyak fungsi dan aplikasi. Sedangkan TV normal tidak memiliki software semacam ini yang ditemukan di smart TV.

Oleh sebab itu, TV pintar memungkinkan Anda untuk mengaktifkan musik, video, film, melihat foto, dan sebagainya.

Smart TV adalah persilangan antara komputer dan TV. Sama seperti Anda dapat mengunduh perangkat lunak ke komputer.

Baca juga: Mau Beli Smart TV? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan

Anda juga dapat mengunduh perangkat lunak atau aplikasi ke smart TV. Perangkat lunak atau sistem operasi pada smart TV dapat diperbarui.

Perbedaan konektivitas

Karena smart TV memiliki sistem operasi, Anda dapat dengan mudah terhubung ke internet. Sedangkan TV normal atau tradisional tidak dapat terhubung ke internet.

Dalam penggunaan Smart TV, Anda bisa melakukan streaming film dan musik, berbagi foto antara smartphone, komputer, dan Smart TV Anda, serta Anda dapat menjelajahi internet melalui smart TV.

Hal ini juga memungkinkan Anda untuk menyingkirkan kabel karena sekarang Anda dapat menonton semua film Anda berkat internet.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com