Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2021, 12:16 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam hal pupuk kandang, salah satu sumber yang cukup banyak digunakan adalah kotoran ayam.

Kotoran ayam adalah pupuk yang sangat baik untuk kebun sayuran. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar dapat menggunakannya dengan benar.

Dilansir dari Gardening Know How, Kamis (24/6/2021), berikut ini penjelasan mengenai pupuk dari kotoran ayam dan cara membuat pupuk dari kotoran ayam, yang dapat Anda terapkan.

Baca juga: Seberapa Sering Tanaman Harus Diberi Pupuk? Ini Penjelasannya

Kotoran ayam untuk pupuk kebun sayuran

Pupuk kotoran ayam sangat tinggi nitrogen dan juga mengandung jumlah kalium dan fosfor yang baik. Nitrogen yang tinggi dan unsur hara yang seimbang menjadikan kompos kotoran ayam merupakan jenis pupuk kandang yang paling baik digunakan.

Tetapi nitrogen yang tinggi dalam kotoran ayam berbahaya bagi tanaman jika kotoran tersebut tidak dikomposkan dengan benar.

Pupuk kotoran ayam mentah bisa membakar, bahkan membunuh tanaman. Pengomposan kotoran ayam melunakkan nitrogen dan membuat kotoran cocok untuk kebun.

Cara membuat pupuk dari kotoran ayam

Pengomposan kotoran ayam memberi waktu kotoran untuk memecah beberapa nutrisi yang lebih kuat sehingga lebih dapat digunakan oleh tanaman.

Baca juga: Jangan Dibuang, Tumpukan Rumput yang Dipotong Bisa Jadi Pupuk Cair

Membuat pupuk dari kotoran ayam cukup sederhana. Jika Anda memiliki ayam, Anda dapat menggunakannya dari kotoran ayam Anda sendiri.

Jika Anda tidak memiliki ayam, Anda dapat menemukan peternak yang memiliki ayam dan kemungkinan besar mereka akan dengan senang hati memberi Anda tempat tidur ayam bekas.

Langkah selanjutnya dalam pengomposan kotoran ayam adalah mengambil bedding bekas dan memasukkannya ke dalam tong kompos. Siram secara menyeluruh dan kemudian balikkan tumpukan setiap beberapa minggu untuk memasukkan udara ke dalam tumpukan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com