Kompas.com - 24/06/2021, 10:58 WIB
Ilustrasi kotak pasir kucing, pasir kotoran kucing. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi kotak pasir kucing, pasir kotoran kucing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat hewan peliharaan seperti kucing tak hanya sekadar menyediakan tempat tinggal dan makanan saja, namun pemilik juga harus menyediakan tempat buang air atau kotak pasir kucing.

Hal yang harus diperhatikan dalam meletakkan kotak pasir kucing ini adalah lokasi yang strategis.

Melansir dari Pet MD, Kamis (24/6/2021), ketika akan meletakkan kotak pasir kucing, pilih tempat yang tidak mengotori rumah namun yang dapat memberikannya kenyamanan.

Baca juga: Riset: Kucing Cenderung Meniru Kepribadian Pemiliknya

Tempat meletakkan kotak pasir kucing

Untuk itu, tempat terbaik untuk meletakkan kotak pasir biasanya adalah sudut yang tenang dan mudah dijangkau serta menawarkan privasi.

Untuk tahapan awal, periksa terlebih dahulu dimana kucing Anda menghabiskan waktu paling banyak. Jika kucing Anda tidak pernah naik keruang loteng, hindari meletakkan kotak pasir di sana.

"Biasanya, pemilik kucing tidak ingin melihat atau mencium bau kotak kotoran, jadi mereka mungkin menyelipkannya di tempat yang tidak dapat dijangkau oleh hewan peliharaannya," kata Paula Garber, spesialis perilaku kucing dari Westchester County, New York.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Alih-alih, letakkan kotak di tempat yang mudah dijangkau kucing, sebaiknya di area lalu lintas rendah jauh dari mangkuk makanan dan air," saran Garber.

Baca juga: 3 Cara Alami dan Praktis Mengatasi Bau Mulut pada Kucing

Pilih tempat dengan cahaya yang cukup karena kucing ingin dapat melihat ketika mereka pergi ke kamar mandi. Jika memungkinkan, gunakan lampu malam untuk mencerahkan suatu area.

Kepribadian kucing Anda, usia, kondisi fisik, dan tata letak rumah adalah faktor yang perlu diingat.

Misalnya, kucing senior dengan mobilitas terbatas tidak dapat diharapkan untuk bepergian jauh saat ia ingin membuang air, jadi pastikan kotak pasirnya ada di lokasi yang mudah dijangkau olehnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Pet MD
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.