Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tempat yang Paling Tepat Meletakkan Kotak Pasir Kucing

Kompas.com - 24/06/2021, 10:58 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Pet MD

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat hewan peliharaan seperti kucing tak hanya sekadar menyediakan tempat tinggal dan makanan saja, namun pemilik juga harus menyediakan tempat buang air atau kotak pasir kucing.

Hal yang harus diperhatikan dalam meletakkan kotak pasir kucing ini adalah lokasi yang strategis.

Melansir dari Pet MD, Kamis (24/6/2021), ketika akan meletakkan kotak pasir kucing, pilih tempat yang tidak mengotori rumah namun yang dapat memberikannya kenyamanan.

Baca juga: Riset: Kucing Cenderung Meniru Kepribadian Pemiliknya

Tempat meletakkan kotak pasir kucing

Untuk itu, tempat terbaik untuk meletakkan kotak pasir biasanya adalah sudut yang tenang dan mudah dijangkau serta menawarkan privasi.

Untuk tahapan awal, periksa terlebih dahulu dimana kucing Anda menghabiskan waktu paling banyak. Jika kucing Anda tidak pernah naik keruang loteng, hindari meletakkan kotak pasir di sana.

"Biasanya, pemilik kucing tidak ingin melihat atau mencium bau kotak kotoran, jadi mereka mungkin menyelipkannya di tempat yang tidak dapat dijangkau oleh hewan peliharaannya," kata Paula Garber, spesialis perilaku kucing dari Westchester County, New York.

"Alih-alih, letakkan kotak di tempat yang mudah dijangkau kucing, sebaiknya di area lalu lintas rendah jauh dari mangkuk makanan dan air," saran Garber.

Baca juga: 3 Cara Alami dan Praktis Mengatasi Bau Mulut pada Kucing

Pilih tempat dengan cahaya yang cukup karena kucing ingin dapat melihat ketika mereka pergi ke kamar mandi. Jika memungkinkan, gunakan lampu malam untuk mencerahkan suatu area.

Kepribadian kucing Anda, usia, kondisi fisik, dan tata letak rumah adalah faktor yang perlu diingat.

Misalnya, kucing senior dengan mobilitas terbatas tidak dapat diharapkan untuk bepergian jauh saat ia ingin membuang air, jadi pastikan kotak pasirnya ada di lokasi yang mudah dijangkau olehnya.

Halaman:
Sumber Pet MD
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com