Kompas.com - 27/07/2021, 13:13 WIB
Ilustrasi remote TV. PIXABAY/RON PORTERIlustrasi remote TV.

JAKARTA, KOMPAS.com - Remote TV yang rusak atau tidak lagi berfungsi adalah masalah yang kerap dialami oleh banyak orang ketika sedang menonton TV.

Ketika remote TV rusak, hal ini terasa mengganggu saat harus mengganti saluran TV. Mau tak mau kamu perlu memencet tombol yang ada di dekat layar TV untuk mengganti saluran TV atau mengubah volume.

Untungnya remote TV yang rusak bisa kamu perbaiki sendiri dengan mudah, sehingga jangan terburu-buru untuk langsung membuangnya.

Baca juga: Remote TV Tidak Berfungsi? Ketahui Penyebabnya dengan 7 Tips Ini

Dikutip dari kanal YouTube Makin Viral, Selasa (27/7/2021), berikut ini cara memperbaiki remote TV yang rusak agar berfungsi kembali.

1. Periksa baterai remote TV terlebih dahulu

Sebelum ke proses perbaikan, pastikan bahwa baterai yang ada di remote TV milikmu memang masih hidup.

Ilustrasi remote TV. PIXABAY/HOLGERSFOTOGRAFIE Ilustrasi remote TV.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika baterainya sudah mati, hal ini tentu membuat remote TV tidak bisa digunakan. Jadi periksa baterai remote TV milikmu terlebih dahulu.

Namun, apabila baterainya masih hidup tetapi remote TV tidak bisa digunakan, maka lakukan langkah selanjutnya di bawah ini.

Baca juga: 7 Cara Merawat TV agar Tidak Mudah Rusak dan Tahan Lama

2. Buka bodi remote TV

Langkah awal untuk memperbaiki remote TV yang rusak adalah membuka atau membongkar bodi remote terlebih dahulu secara perlahan. Pastikan baterainya sudah dilepas.

3. Bersihkan bagian dalam remote

Setelah bodi remote TV berhasil kamu buka, bersihkan bagian dalamnya, seperti panel remote control dan papan rangkaian elektronik.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.