Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menata Kamar Tidur Sempit agar Tampak Lebih Luas

Kompas.com - 05/10/2021, 21:01 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Real Homes

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki kamar tidur sempit atau kamar tidur kecil seringkali menimbulkan kesulitan saat menatanya. Karena keterbatasan ruang, penataan kamar tidur sempit menjadi tantangan tersendiri.

Kita sering bergumul dengan penyimpanan, cara membuat tata letak furnitur yang efektif, dan menemukan ide kamar tidur kecil untuk membuat ruang kompak ini terlihat lebih besar dari yang sebenarnya.

Bunny Turner, dari Turner Pocock, menjelaskan mengapa kamar tidur kecil sebenarnya bisa menjadi berkah.

Baca juga: Ternyata, Suhu di Kamar Tidur Pengaruhi Kehadiran Tungau

"Kami sebenarnya sangat menikmati mendesain ruang kamar tidur kecil karena jauh lebih mudah untuk membuatnya terasa nyaman dan mengundang, dan ini memaksa Anda untuk menempatkan penyimpanan lemari pakaian praktis di tempat lain," kata Turner seperti dikutip dari Homes & Gardens, Selasa (5/10/2021).

Berikut ini beberapa tips menata kamar tidur sempit agar terasa lebih luas.

Cara mengatur furnitur di kamar tidur sempit

Memasang furnitur di ruang yang lebih kecil mungkin terasa rumit. Namun, ada beberapa hal yang perlu diingat yang menyederhanakan seluruh proses.

"Kuncinya adalah mencoba untuk menghindari menempatkan furnitur di semua sisi ruangan. Jauhkan ruang yang jelas di antara furnitur untuk memungkinkan aliran, dan pastikan furnitur yang dipilih memenuhi tujuannya dengan baik," saran Turner.

Baca juga: 5 Inspirasi Tata Letak Kamar Tidur dari Desainer Interior

Selektif dan pintar dengan furnitur dan tujuannya juga membantu ketika mempertimbangkan apa yang Anda butuhkan di dalam kamar tidur.

Turner memberi contoh, penggunaan lemari berlaci sebagai meja samping tempat tidur untuk memaksimalkan penyimpanan. Selain itu, memanfaatkan penyimpanan di bawah tempat tidur juga ide yang bagus.

Meletakkan tempat tidur

Sesuai sifatnya, tempat tidur bisa menjadi masalah yang cukup rumit saat mengatur tata letak kamar tidur sempit.

Untuk menjadikan tempat tidur sebagai titik fokus, letakkan di tengah dinding, dengan ruang yang sama di kedua sisi untuk unit penyimpanan kecil dan lampu. Namun, jika Anda ingin memprioritaskan ruang lantai, maka Anda harus berpikir tidak biasa.

Halaman:
Sumber Real Homes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com