Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Inspirasi Tata Letak Kamar Tidur dari Desainer Interior

Kompas.com - 01/10/2021, 20:39 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya sekadar ruangan, namun kamar tidur harus didesain sebaik mungkin agar menjadikan area tersebut nyaman dan membuat penghuninya dapat tidur nyenyak.

"Tidak banyak yang dapat Anda lakukan di kamar tidur dalam hal tata letak furnitur karena pertama dan terpenting, itu harus berfungsi sebagai ruang tidur," kata desainer interior Emily Henderson dari Emily Henderson Design yang dilansir dari Hunker, Jumat (1/10/2021).

Akan tetapi, ada beberapa tata letak yang bisa diterapkan di dalam kamar tidur agar tidur semakin berkualitas, seperti berikut ini.

Baca juga: 5 Cara Membuat Kamar Tidur Kedap Suara

1. Pusatkan tempat tidur untuk meningkatkan ruangan

Selalu pusatkan tempat tidur, saran Henderson. Jika Anda memiliki ruang, temukan dinding yang cukup lebar sehingga Anda dapat memusatkan tempat tidur Anda di dinding tersebut.

"Namun, jangan membenturkannya ke sudut," kata Henderson.

Jika satu-satunya dinding yang Anda miliki juga memiliki jendela di atasnya. Gunakan tempat tidur dengan bingkai terbuka untuk membiarkan cahaya masuk.

Selanjutnya, buat simetri dengan menambahkan nakas di kedua sisi tempat tidur tetapi, jangan khawatir, keduanya tidak harus sama.

 

Baca juga: 5 Posisi Pemasangan AC yang Harus Dihindari di Kamar Tidur

"Itu benar-benar tergantung pada desain yang Anda inginkan, tetapi pastikan ada sesuatu di setiap sisi tempat tidur," sebut Henderson.

2. Buat area duduk

"Di ruang dengan luas persegi, saya suka tempat tidur dengan dua kursi di ujung," ujar desainer interior Nate Berkus.

Desainer interior Jeremiah Brent menambahkan, dengan meletakkan kursi di sudut ruangan akan mengubah dinamika ruangan dan dapat menciptakan sebuah momen tambahan yang Anda nikmati saat berada di kamar tidur.

3. Tambahkan tempat duduk di ujung tempat tidur

Jika Anda kekurangan ruang, gunakan tata ruang kamar tidur yang terbukti selalu berhasil. Setiap kamar tidur membutuhkan sedikit tempat duduk tambahan, tetapi tidak setiap kamar memiliki ruang untuk kursi samping atau bangku.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com