Kompas.com - 28/09/2021, 18:00 WIB
Ilustrasi AC. SHUTTERSTOCK/NAYPONG STUDIOIlustrasi AC.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggunakan AC di dalam kamar tidur merupakan salah satu cara mendapatkan tidur yang nyaman dan nyenyak. AC dapat mendinginkan ruangan sehingga memberikan kesejukan saat tidur.

Akan tetapi, dilansir dari HomeGuru, Selasa (18/9/2021), setelah memasang AC, beberapa orang merasa AC kurang menyejukkan kamar tidur. Hal ini bisa disebabkan posisi pemasangan AC yang tidak tepat.

Bahkan posisi yang salah ini dapat dapat mempengaruhi kesehatan dalam jangka panjang. Berikut ini beberapa posisi pemasangan AC yang harus dihindari di kamar tidur dan dapat membahayakan kesehatan. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Memilih PK AC Sesuai Kebutuhan

Memasang AC di kepala dan ujung tempat tidur

AC tidak boleh dipasang di kepala dan ujung tempat tidur karena posisi udara yang dikeluarkan langsung ke tubuh dan kepala sehingga dapat mengganggu kesehatan.

Apalagi, jika AC tidak dibersihkan dalam waktu lama. Udara yang keluar dari AC akan memiliki kelembapan dan kuman, yang dapat mengganggu sistem pernapasan. Anda mungkin mudah terkena flu atau alergi.

Selain itu, menurut feng shui, memasang AC di kepala tempat tidur adalah posisi yang salah dan tidak amakan. Sebab, akan membuat Anda merasa seperti tidur dengan sesuatu yang menekan. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 5 Mitos Penggunaan AC yang Tidak Perlu Lagi Dipercaya 

Memasang AC di atas pintu

Posisi di atas pintu merupakan area yang tidak boleh dipasang AC karena pintu akan membuat udara dingin AC keluar dari kamar tidur dengan mudah.

Selain itu, suhu di dekat pintu juga tidak stabil sehingga mengakibatkan AC mendingin lebih lama. Sistem sensor AC juga bekerja keras dan menggunakan banyak listrik

Baca juga: AC Tidak Bisa Dihidupkan dengan Remote? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Memasang AC terkena sinar matahari langsung atau panas

Semua jenis pendingin tidak boleh dipasang di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau pemanas, terutama dinding rumah di sisi selatan dan barat yang merupakan arah yang menerima sinar matahari hampir sepanjang hari.

Hal ini tidak hanya membuat AC bekerja lebih keras, tapi membuat tagihan listrik menjadi meningkat. Jika beberapa ruangan tidak dapat dihindari ke arah itu, Anda dapat membeli AC plafon.  

Baca juga: Ketahui, Ini Suhu AC yang Ideal untuk Bayi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber HomeGuru
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.