Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Suhu di Kamar Tidur Pengaruhi Kehadiran Tungau

Kompas.com - 05/10/2021, 07:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Real Homes

JAKARTA, KOMPAS.com - Kutu busuk atau tungau kasur adalah hama serangga yang mengganggu di kamar tidur. Tungau bisa menimbulkan masalah kesehatan untuk Anda, sehingga harus dibasmi.

Ada banyak cara membasmi tungau kasur yang dapat dilakukan. Namun demikian, perlu diketahui juga bahwa suhu di kamar tidur dapat memengaruhi kehadiran tungau kasur.

Dilansir dari Real Homes, Selasa (5/10/2021), ternyata suhu ideal bagi tungau kasur dewasa untuk berkembang biak adalah antara 21 hingga 32 derajat celcius. Ini dinyatakan oleh Asosiasi Pengendalian Hama Inggris.

Baca juga: Kenali, Ini Tanda Tungau Telah Berkembang Biak di Kasur

Inilah mengapa kutu busuk atau tungau kasur jauh lebih aktif selama bulan-bulan musim kemarau. Saat cuaca cenderung panas itulah tungau kasur suka makan dan kawin, serta berkembang biak.

Ilustrasi tungau. PIXABAY/MAKAMUKI0 Ilustrasi tungau.

Kutu busuk atau tungau kasur dapat bertahan hidup antara suhu nol derajat celcius hingga 49 derajat celcius.

Jika suhu ruangan terlalu dingin atau terlalu hangat bagi tungau kasur untuk berkembang biak, mereka akan tertidur selama satu tahun dan menunggu kondisi yang lebih menguntungkan untuk kembali.

Rumah yang selalu hangat adalah kondisi yang ideal bagi kutu busuk atau tungau kasur. Sebab, mereka tidak harus tertidur dan dapat terus memberi makan dan bereproduksi sepanjang tahun.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Dilakukan untuk Membasmi Tungau di Rumah

Tungau kasur tidak hanya tinggal di kamar tidur. Ruangan mana pun dengan sudut dan celah di rumah juga bisa menjadi tempat hidup yang ideal bagi hama pengganggu tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com