Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hal yang Harus Dilakukan untuk Membasmi Tungau di Rumah

Kompas.com - 04/02/2021, 10:42 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun tampak bersih, tidak menutup kemungkinan ada banyak hama serangga kecil yang bersarang di berbagai benda di rumah Anda. Salah satunya adalah kutu busuk maupun tungau.

Serangga kecil ini bisa jadi sulit untuk disingkirkan, namun jangan panik. Berikut ini langkah-langkah untuk memastikan rumah Anda bebas serangga dan mencegah tungau menyebar, seperti dikutip dari Apartment Therapy, Kamis (4/2/2021).

1. Periksa apakah memang tungau

Pastikan hama Anda sesuai dengan keinginan Anda. Serangga ini berukuran kecil dan bulat, serta dapat dilihat dengan mata telanjang.

Baca juga: Waspada Kutu Busuk di Kasur, Ini Hal yang Perlu Diketahui

2. Bersihkan semuanya

“Hal pertama yang (harus dilakukan) adalah membersihkan dan merapikan rumah Anda,” kata Kristiana Kripena, pakar pengendalian hama dari InsectCop.net.

"Ini berarti menghilangkan semua barang rumah tangga yang tidak hanya membantu menyebarkan kutu busuk tetapi juga menjadi salah satu alasan mengapa Anda memilikinya," imbuhnya.

Langkah Anda selanjutnya adalah memberi ruang detail dari atas ke bawah. Usapkan sikat pada setiap permukaan kain, bersihkan sisa-sisa, sedot semuasemua sudut dan celah, tutup retakan tempat kutu busuk mungkin menyelinap masuk. Pada dasarnya, jangan sisakan ruang yang tidak tersentuh.

3. Waspada

Cari tahu di mana tungau berkumpul. Pahami dari mana mereka berasal.

Baca juga: Simak, Tips Mengusir Kutu Busuk dari Sofa

Jika dapat mengisolasi mereka, Anda dapat menghentikan tungau menguasai rumah Anda. Anda bahkan mungkin menyadari bahwa mereka datang dari tempat lain, seperti kantor, sekolah, atau rumah teman Anda.

Ingatlah bahwa tungau dapat muncul di beberapa tempat yang mengejutkan. Misalnya laci, setiap ruang persembunyian yang memungkinkan antara bantal, seprai, dan kasur, sudut dan celah, di dalam setiap bantal, hingga di bawah ranjang.

4. Lindungi barang Anda

Jika Anda menemukan infestasi tungau datang dari tempat lain, pastikan Anda tidak membawa pulang lagi. Ini berarti memisahkan barang-barang Anda dari sumber-sumber yang memungkinkan dengan melakukan hal-hal seperti menyimpan mantel.

Jaga agar dompet atau tas Anda tidak menyentuh lantai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com