Kompas.com - 04/02/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi tanaman cabai di dalam pot. PIXABAY/JILL WELLINGTONIlustrasi tanaman cabai di dalam pot.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam cabai sebenarnya tidaklah sulit, karena mereka hanya membutuhkan perawatan yang mudah. Beberapa varietas cabai dapat tumbuh dengan baik di dalam wadah.

Namun, beberapa masalah cabai dapat merusak tanaman bahkan mematikannya.

Dilansir dari Gardening Know How, Kamis (4/1/2021), ada beberapa penyakit dan hama yang dapat merusak tanaman cabai.

Baca juga: Mengapa Tanaman Cabai Menguning dan Rontok? Ini Sebabnya

Tanda-tanda infeksi penyakit pada tanaman cabai antara lain daun melengkung, warna belang-belang pada daun, pertumbuhan terhambat, dan bunga jatuh.

Sementara itu, penyakit jamur yang menyerang cabai akan menyebabkan busuk akar hingga kematian.

Salah satunya jamur antraknosa yang menyebabkan bercak pada daun. Untuk mencegahnya jaga agar tanah tidak basah, serta bersihkan limbah taman secara menyeluruh.

Selain itu, untuk mengelola penyakit jamur yang masih ada di tanaman cabai, gunakan fungisida.

Baca juga: Trik Membuat Tanaman Cabai Tumbuh Lebat

Menghambat pertumbuhan

Hama tanaman berupa serangga dapat memakan dan merusak daun, membatasi fotosintesis, dan beberapanya juga ada yang memakan cabai. Ada beberapa hama yang menyerang tanaman cabai dan menyebabkan kerusakan yang bervariasi.

Pada awal musim tanam, carilah kerusakan daun yang disebabkan oleh serangan cacing potong atau kumbang kutu. Nanti, Anda mungkin melihat kutu daun berkumpul di bagian bawah daun.

Infestasi serangga dapat menyebabkan banyak kerusakan pada tanaman cabai. Awasi tanaman Anda secara teratur untuk mencoba menangkap tanda-tanda awal hama.

Anda mungkin bisa menyingkirkannya dengan tangan, tetapi jika infestasi menjadi parah, penggunaan insektisida mungkin satu-satunya cara untuk menyelamatkan tanaman cabai.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X