Kompas.com - 03/02/2021, 21:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Selain mandi, potong kuku mungkin menjadi aktivitas yang paling dibenci oleh kucing.

Namun para pemilik kucing seringkali bingung, seberapa sering sebaiknya kuku kucing dipotong? Berikut penjelasan dari dokter hewan, seperti dilansir dari Popsugar, Rabu (3/2/2021).

Secara keseluruhan, tidak ada aturan khusus tentang kapan harus memotong kuku kucing, karena pertumbuhan kuku dari kucing yang berbeda-beda.

Baca juga: Jangan Diberikan, 10 Makanan Ini Sangat Berbahaya untuk Kucing

“Tetapi pada akhirnya kamu akan bisa mengukur seberapa sering hal itu perlu dilakukan,” ujar dokter hewan Shadi J Ireifej, pemilik dan kepala petugas medis VetTriage.

Ireifej merekomendasikan agar pemilik hewan peliharaan memotong kuku kucing mereka ketika kuku sudah melihatnya keluar dari bulu-bulu dari kaki kucing, dan perilaku kucing yang mulai menggaruk barang-barang rumah tangga di sekitar rumah.

Ireifej menjelaskan bahwa kucing mungkin tidak berperilaku buruk secara sengaja, tetapi sebenarnya dia sedang mencoba untuk memotong kukunya.

Cara aman potong kuku kucing

Saat memangkas kuku kucing, sebaiknya kamu menggunakan alat yang khusus.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Kotak Pasir Kucing

Ini akan mempermudah pekerjaanmu dan kucing juga akan merasa nyaman. Dr Ireifej mengatakan, gunting kuku yang dibuat khusus untuk kucing adalah pilihan yang terbaik.

"Sebagai alternatif, potong kuku yang dibuat untuk kucing juga dapat dibeli dan digunakan," katanya.

"Styptic pointer atau powder juga harus ada di tangan jika kuku dipotong terlalu pendek dan terjadi pendarahan,” imbuhnya.

Jika kamu tidak memiliki keduanya, kamu bisa menggunakan tepung rumah tangga dapat digunakan untuk membantu membantu koagulasi dan hemostasis.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Popsugar
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.