Kompas.com - 03/02/2021, 08:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat kucing peliharaan berarti memberikan makan, tempat tinggal, serta berbagai kebutuhan lainnya, salah satunya kotak kotoran.

Meskipun terlihat sepele, namun pemilihan kotak kotoran kucing ini menentukan apakah membuatnya nyaman atau sebaliknya.

Dilansir dari Pawp, Rabu (3/2/2021), beberapa kucing akan merasa tidak nyaman jika pemilihan kotak kotorannya salah. Lantas, bagaimana sebaiknya memilih kotak kotoran ini? Berikut ulasannya.

Baca juga: Kucing Sulit Buang Air Kecil? Hati-hati Gejala FLUTD

Ukuran kucing

Hal yang harus diperhatikan pertama kali adalah pertimbangkan ukuran kucing peliharaan Anda. Kotak kotoran harus memungkinkan kucing berputar dengan mudah. Jika kotaknya terlalu kecil, kucing mungkin akan menolak untuk menggunakannya.

Ketinggian

Kebanyakan kucing dapat dengan mudah keluar masuk kotak pasir dengan sisi yang agak tinggi. Namun, kucing yang lebih tua membutuhkan kotak dengan sisi yang lebih rendah.

Yang harus diperhatikan adalah kucing tidak ingin berbagi kotak kotoran dengan kucing lain, jadi jika ada banyak kucing di rumah, lebih baik sediakan kotak kotoran sesuai dengan jumlah kucing.

Pemilihan pasir

Selain kotak kotorannya, pemilihan pasir harus diperhatikan. Banyak kucing yang lebih menyukai jenis pasir yang menggumpal, memiliki tekstur halus, dan tidak melukai bantal kakinya.

Baca juga: Kucing Susah Buang Air Kecil? Kenali Penyebab dan Cara Mencegahnya

Beberapa kucing lainnya lebih menyukai pasir berbahan dasar tanah liat karena juga lembut pada kaki yanng sensitif.

Namun, berbahaya jika kucing Anda menjilati silika gel dari kakinya.

"Menurut saya, jenis pasir terbaik adalah yang menggumpal, tidak beraroma," kata Carly Fox, DVM, dokter hewan di Animal Medical Center di New York City.

Jumlah pasir yang sesuai

Meletakkan terlalu banyak pasir dapat menyebabkan kucing menggali lebih dari yang diperlukan, yang dapat menyebabkan mereka secara tidak sengaja menyembunyikan kotorannya. Kotoran mungkin tidak terlihat oleh mata manusia, tetapi dapat terlihat oleh kucing.

 

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Pawp
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.