Kompas.com - 03/02/2021, 15:45 WIB
Ilustrasi makanan kucing SHUTTERSTOCK/IMPACT PHOTOGRAPHYIlustrasi makanan kucing

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing pada umumnya dikenal sebagai pemakan pilih-pilih, tetapi itu tidak menghentikan mereka dari keinginan untuk mencoba makanan baru.

Meskipun kucingmu mungkin menunjukkan bahwa mereka tertarik untuk memakan sesuatu yang kamu miliki, ada beberapa makanan yang berbahaya atau beracun bagi kucing.

Meskipun ada banyak daftar makanan untuk manusia yang bisa kamu berikan kepada kucingmu, namun ada daftar panjang makanan manusia yang tidak boleh kamu berikan kepada kucingmu.

Baca juga: Kucing Banyak Minum, Apa Hanya Haus atau Ada Masalah Lain?

Dirangkum dari beberapa sumber, Rabu (3/2/2021), berikut ini beberapa makanan tidak boleh diberikan kepada kucing kesayanganmu karena bisa membahayakan kesehatan mereka.

1. Alkohol dan makanan yang mengandung alkohol

Alkohol sangat berbahaya bagi kucing dan anjing. Meskipun orang mungkin berpikir bahwa menawarkan bir kepada hewan peliharaannya sebuah hal yang lucu, hal ini menyimpang dan membahayakan nyawa hewan peliharaanmu.

Jika kucingmu kebetulan mengonsumsi alkohol, kamu mungkin memerhatikan bahwa mereka memiliki masalah pencernaan, kesulitan bernapas, dan linglung.

Hubungi dokter hewan segera, karena keracunan alkohol dapat menyebabkan koma atau kematian. Selain itu, waspadalah terhadap makanan yang mengandung alkohol atau turunan alkohol.

Baca juga: Kenapa Kucing Menyukai Ikan?

2. Alpukat

Kucing adalah karnivora wajib dan memiliki proses pencernaan yang sama sekali berbeda dari manusia. Kulit buah alpukat mengandung persin yang umumnya beracun bagi kucing dan anjing.

Jika kucingmu tidak sengaja menelan alpukat, ia mungkin mengalami muntah dan diare atau mengembangkan pankreatitis akut karena kandungan lemaknya.

Banyak spesies lain tidak bisa makan alpukat karena dianggap sangat berbahaya, khususnya burung, kuda, dan kambing.

3. Cokelat

Mengutip Pet Helpful, cokelat beracun bagi kucing dan dapat menyebabkan beberapa masalah serius. Kucing tidak selalu tertarik dengan cokelat, tetapi apapun yang mengandung cokelat atau serpihan cokelat dapat membahayakan mereka.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X