Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/02/2021, 11:24 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkelahi satu sama lain merupakan sifat alami yang ada pada diri seekor kucing manapun, baik itu kucing liar ataupun kucing peliharaan.

Seekor kucing berkelahi dengan kucing lainnya biasanya untuk melindungi wilayahnya atau untuk mendapatkan lebih banyak wilayah, mengingat mereka adalah hewan teritorial.

Namun, tak jarang kucing berkelahi dengan teman sejenisnya hanya seperti berpura-pura atau mereka bermain perkelahian alias berantem-beranteman.

Baca juga: Bulu Kucing Tidak Tampak Berkilau? Ini Penyebabnya

Ketika kamu memiliki lebih dari 1 kucing peliharaan di rumah yang sebenarnya akur, bahkan saudara sekandung, terkadang mereka tiba-tiba akan saling bermain perkelahian, entah siapa yang akan memulainya.

Lantas apa yang mendasari kucing bermain perkelahian dengan sesama kucing lainnya? Apakah mereka perlu melakukan hal tersebut?

Dilansir dari beberapa sumber, Senin, (1/2/2021), kucing bermain perkelahian ketika hidup berkelompok dan terkadang bermain melawan pemiliknya.

Perkelahian bermain adalah perilaku alami dan sehat di sebagian besar kucing dan pemilik harus membiarkan kucingnya berkelahi, selama tidak menjadi agresif.

Baca juga: Kucing Banyak Minum, Apa Hanya Haus atau Ada Masalah Lain?

Ada beberapa alasan yang membuat kucing harus bermain perkelahian dengan kucing lainnya atau pemiliknya sendiri, seperti berikut ini:

Kebutuhan naluri

Banyak kucing yang harus berkelahi karena kebutuhan instingtual atau naluri. Kucing secara alami adalah pemburu di alam liar.

Oleh karena itu, mereka harus melatih serta mengasah kemampuannya untuk mempertahankan wilayah mereka dan mengalahkan mangsa untuk bertahan hidup.

Kucing rumahan masih mengalami dorongan alami ini, dan mungkin merasa perlu mengembangkan keterampilan ini dengan kucing lain (atau bahkan manusia).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com