Kompas.com - 01/02/2021, 07:53 WIB
Ilustrasi membersihkan dinding. SHUTTERSTOCKIlustrasi membersihkan dinding.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan membersihkan rumah yang paling sering dilakukan adalah membersihkan lantai, karpet, dan sesuatu yang terlihat kotor. Namun, pernahkah Anda membersihkan dinding?

Meskipun tidak terlihat kotor, namun dinding menyimpan debu dan kotoran karena dinding terdapat di seluruh penjuru rumah dengan area yang sering dilintasi di dalam rumah.

Selain itu, seiring waktu, dinding yang dicat dapat menumpuk noda, serta debu yang membuat permukaannya tampak kusam dan kotor.

Baca juga: Cara Mudah Dekorasi Ruangan dengan Dinding Putih

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Senin (1/2/2021) untuk mempertahankan tampilannya mengelap dinding secara teratur bisa menjadi solusi.

Namun, dinding memiliki jenis serta finishing cat yang berbeda dan membutuhkan perawatan khusus saat membersihkannya.

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan saat membersihkan dinding yang dicat adalah apa jenis catnya karena bagaimana cara membersihkannya akan memengaruhi tampilan dinding.

Flat, Satin, dan Eggshell

Untuk jenis cat ini jangan gunakan bahan kimia keras atau penghilang minyak saat membersihkannya. Saat membersihkannya menggunakan spons, pastikan tidak menggosoknya terlalu keras. Spons harus diperas hampir seluruhnya sebelum ditempelkan ke dinding.

Baca juga: Pilihan Warna Cat Dinding Terbaik untuk Ruang Kerja di Rumah

Glossy atau Semigloss

Karena cat ini sangat tahan lama, cat ini paling sering digunakan di area dengan lalu lintas padat seperti dapur dan kamar mandi. Namun, meskipun cat glossy dan semigloss tahan lama, namun tetap akan tergores, jadi selalu gunakan spons yang lembut saat membersihkan dinding.

Cat Lateks

Cara terbaik untuk membersihkan dinding yang dicat dengan cat lateks adalah dengan menggunakan air hangat dan pembersih serbaguna nonabrasif.

Celupkan spons bersih ke dalam air, lalu peras hingga kering. Gosok dinding dengan lembut.

Beri perhatian khusus pada area yang sering disentuh, seperti di sekitar kenop pintu dan sakelar lampu. Bilas dengan spons kedua dan air jernih. Hati-hati jangan sampai area basah di sekitar stopkontak, sakelar lampu, soket telepon, dan sambungan listrik lainnya.

Jika perlu membersihkan bintik-bintik itu, matikan listrik di kotak pemutus sirkuit.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X