Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/01/2021, 08:32 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Pets

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing peliharaan yang memiliki bulu berkilau akan lebih terlihat cantik dan sehat.

Namun, tahukah Anda, bulu kucing memiliki beragam fungsi, mulai dari melindungi dari panas, dingin, angin, dan hujan, hingga membantu kucing memproduksi nutrisi penting seperti vitamin D.

Dilansir dari Pets, Minggu (31/1/2021), jika tidak dirawat dengan baik, kilau bulu kucing akan menghilang.

Baca juga: Kucing Banyak Minum, Apa Hanya Haus atau Ada Masalah Lain?

Banyak hal yang dapat menyebabkan bulu kucing menjadi kusam, atau kulitnya menjadi kering dan bersisik. Beberapa penyebab paling umum antara lain sebagai berikut. 

Nutrisi buruk

Untuk kesehatan bulu, kulit, dan tubuh, kucing membutuhkan diet dengan keseimbangan karbohidrat, protein, dan lemak yang baik. Jika kucing makan makanan berkualitas buruk yang lebih sulit dicerna, kucing mungkin akan kekurangan mineral dan vitamin penting.

Masalah berat badan kucing

Ketika kucing menjadi gemuk, mereka tidak dapat menjangkau seluruh tubuhnya untuk membersihkannya. Hal ini dapat menyebabkan bulu kusam dan tidak terawat.

Usia

"Ketika kucing sudah tua, mereka bisa menjadi kurang fleksibel atau rematik. Kemudian mereka tidak bisa berputar dan berputar seperti dulu," kata Arnold Plotnick, MS, DVM, dokter hewan spesialis penyakit dalam dan kucing di New York.

 

Baca juga: Hati-hati, Kucing Bisa Mabuk Perjalanan Saat Pergi dengan Mobil

Jadi, usia atau rasa sakit bisa membuat kucing Anda memiliki bulu kusam dan kusut.

Terlalu sering mandi

Untuk mengendalikan kutu bulu, beberapa orang memandikan kucing. Namun, terlalu sering memandikan kucing dapat menjadi penyebab kucing menjadi kusut.

Penyakit

Diabetes, parasit, infeksi kulit, alergi, penyakit autoimun, udara musim dingin yang kering, atau masalah yang lebih serius juga bisa menjadi penyebabnya. Untuk mengetahui alasan masalah kulit atau bulu kucing Anda, penting untuk memeriksakan kucing ke dokter hewan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com