Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/01/2021, 10:11 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing adalah salah satu hewan peliharaan paling populer di dunia. Ada sangat banyak jenis kucing atau ras kucing dengan penampilan dan perilaku yang berbeda.

Beberapa ras kucing telah ada selama bertahun-tahun dan dengan demikian telah memiliki banyak penggemar. Beberapa ras kucing pun semakin populer karena film yang menampilkan salah satu dari mereka, ciri-ciri kepribadian yang unik, atau penampilan fisik yang membuat mereka sulit untuk dilupakan.

Dilansir dari The Spruce Pets, Selasa (26/1/2021), berikut beberapa jenis kucing paling populer yang bisa Anda pilih sebagai hewan peliharaan.

Baca juga: 7 Jenis Kucing yang Paling Panjang Umurnya, Apa Saja?

Ilustrasi kucing jenis Siamese. PIXABAY/WEBANDI Ilustrasi kucing jenis Siamese.

1. Siamese

Populer sejak abad ke-19, jenis kucing ini berasal dari Thailand, yang sebelumnya dikenal dengan nama Siam. Kucing Siamese telah membantu menciptakan banyak ras lain, termasuk Oriental Shorthair, Sphynx, dan Himalayan.

Kucing Siam memiliki tanda berbeda yang disebut "titik" yang merupakan area pewarnaan di wajah, telinga, kaki, dan ekornya. Namun, beberapa kucing Siam mungkin tidak memiliki titik.

Ada juga dua jenis kucing Siam, satu dengan kepala berbentuk "apel" dan tubuh lebih gemuk dan satu dengan kepala lebih besar dan tubuh ramping.

2. Persia

Kucing Persia memiliki mantel bulu yang indah dan panjang. Mereka bisa hadir dalam hampir semua warna, dan memiliki wajah datar jika dibandingkan dengan kebanyakan ras kucing lainnya.

Kucing Persia telah terlihat di banyak film, seni, iklan, dan rumah selama bertahun-tahun dan juga menjadi salah satu ras kucing paling populer selama beberapa dekade.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com