Kompas.com - 03/02/2021, 18:05 WIB
Ilustrasi ruang keluarga. UNSPLASH/SOPHIA KUNKELIlustrasi ruang keluarga.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencahayaan alami menjadi salah satu faktor saat orang memilih rumah. Sebuah survei oleh produsen pintu, jendela dan tirai Origin Global, mengungkapkan bahwa 26 persen akan memilih cahaya alami sebagai salah satu faktor saat memilih rumah, diikuti tanam yang besar (19 persen) dan ruang makan sebesar 16 persen.

Dilansir dari Home Beautiful, Rabu (3/2/2021) sebuah penelitian terhadap 2000 orang menemukan bahwa keinginan kelima mereka untuk mendapatkan lebih banyak cahaya alami di rumah.

Paparan sinar matahari telah dikaitkan dengan peningkatan kesejahteraan dan suasana hati seseorang. Selain itu, sinar matahari dapat membuat ruangan terlihat lebih terang dan cerah serta memberikan nuansa lebih lapang.

 

Baca juga: 5 Ide Pencahayaan di Ruang Tamu

Lantas, bagaimana agar rumah bisa mendapatkan sinar matahari? Simak ulasannya berikut ini.

Warna terang

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hindari menggunakan wallpaper dengan warna gelap dan aplikasikan warna terang pada dinding. Nuansa putih akan membuat ruangan terasa lebih cerah karena dapat memantulkan cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan, bukan menyerapnya.

Namun, hindari penggunaan cat putih cemerlang pada dinding karena dapat membuat ruangan terasa dingin, warna putih pudar akan menciptakan efek yang jauh lebih hangat.

Trik lainnya adalah mengecat langit-langit dengan beberapa warna lebih terang dari pada dinding untuk menciptakan ilusi ketinggian dan ruang. Memilih cat dengan lapisan satin akan membantu memantulkan cahaya lebih dari cat matte. 

Baca juga: Trik Membuat Ruangan Lebih Terang Tanpa Cat Ulang

Permukaan mengkilap

Gunakan cat glossy di dapur dan kamar mandi, karena dengan permukaan mengkilap pada unit, akan memantulkan cahaya ke dalam ruangan dan membuat ruangan terlihat lebih cerah dan lebih besar.

Untuk di area dapur pilih skema warna terang dan akan terpantul dari permukaannya sehingga membuat terasa lebih luas.

Di ruangan lain, menambahkan furnitur dan aksesori dengan permukaan reflektif dapat membantu memantulkan cahaya. Aksesori metalik, kaca, dan cermin semuanya dapat membantu memaksimalkan cahaya yang tersedia dan menambahkan sentuhan gaya di seluruh rumah.

Lantai yang tepat

Lantai juga dapat diubah menjadi reflektor yang ramah cahaya dengan memilih lantai kayu, keramik, atau batu dengan sentuhan akhir yang dipoles, yang akan memantulkan cahaya lebih banyak daripada karpet. Jika Anda lebih suka karpet, pilih warna terang dan netral.

Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X