Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hal yang Dibutuhkan Dapur Bergaya Farmhouse

Kompas.com - 04/10/2021, 20:25 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur bergaya farmhouse atau pertanian memiliki sedikit momen dan lebih menyenangkan dibanding dapur gaya lainnya.

Dapur farmhouse menawarkan banyak variasi dan pilihan untuk membuat keseimbangan yang tepat antara kesederhanaan perdesaan dan pesona modern.  

Baca juga: 5 Tips Memilih Warna Dapur Farmhouse

 

Tak hanya itu, dekorasi dapur farmhouse juga tampak cantik dan mewah, tapi tetap dalam kesederhanaan perdesaan. Namun, ada beberapa hal lain yang dibutuhkan saat mewujudkan dapur bergaya farmhouse. 

Melansir dari laman Real Simple, Senin (3/9/2021), berikut ini tujuh hal yang dibutuhkan dapur bergaya farmhouse. 

Baca juga: Mengenal Rumah Bergaya Pertanian, dari Desain hingga Sejarahnya

Kabinet atau lemari kayu

Dapur farmhouse hampir secara eksklusif memiliki lemari kayu. Material kabinet atau lemari dapur lainnya seperti laminasi terlalu modern untuk gaya dapur pertanian.

Lemari dapur kayu memiliki jumlah detail tradisional yang tepat dan dapat mengembangkan patina organik yang membantu lebih jauh tampilan serta nuansa dapur farmhouse.

Sebagian besar lemari dapur farmhouse berwarna putih, tetapi warna apa pun dapat digunakan jika dipasangkan dengan perangkat keras, meja, dan aksesori yang tepat. 

Baca juga: Cara Membersihkan Peralatan Dapur Stainless Steel agar Tetap Mengilap

Skema warna netral

Dapur bergaya farmhouse cenderung memiliki nada netral dengan nuansa putih, hitam, dan kayu sebagai elemen utama. Namun, abu-abu dan biru tua juga bisa digunakan di dapur farmhouse yang lebih modern.

Rak terbuka atau lemari atas terbatas

Sebagian besar dapur pertanian memiliki nuansa terbuka tanpa terlalu banyak lemari atas. Ini membantu dapur terasa ringan dan cerah.

Selain itu, memasang rak terbuka menawarkan pajangan untuk item dekorasi kitsch (seperti stoples kue, peralatan makan pusaka, dan banyak lagi).  

Baca juga: 5 Tips Mendekorasi Dapur Tampak Menarik dan Menghibur 

Meja beton atau kuarsa

Ilustrasi dapur rumah bergaya pertanian modernUnsplash/Collov Home Design Ilustrasi dapur rumah bergaya pertanian modern
Ide mendekorasi dapur farmhouse bergantung pada kesederhanaan. Jadi, meja hiasan, marmer, dan granit dengan sentuhan akhir yang berani atau warna-warni biasanya tidak cocok.

Sebagai gantinya, cobalah meja beton atau kuarsa yang halus. Pilih warna meja yang lebih gelap yang dikombinasikan dengan lemari berwarna terang atau putih.

Sedangkan meja dengan warna terang akan menonjol di lemari biru tua atau berpadu bagus dengan putih. 

Baca juga: 4 Tips Merenovasi Dapur dengan Anggaran Terbatas

Lampu gantung lentera

Untuk penerangan, dapur farmahouse biasanya membutuhkan penerangan berupa lampu gantung lentera.

Perlengkapan lampu gantung ini menawarkan banyak cahaya untuk ruang masak dan bahannya dapat dicocokkan dengan perangkat keras lain di dapur untuk tampilan yang kohesif.  

Baca juga: 8 Inspirasi Dapur Putih, Klasik dan Elegan

Perangkat keras gelap

Perangkat keras matte hitam di lemari, laci, dan lainnya adalah norma untuk dapur bergaya farmhouse. Perangkat gelap ini di lemari dapur dari semua warna cat, terutama dengan warna putih, dan memiliki tampilan yang pas dengan dapur farmhouse. 

Tembaga dan perunggu juga populer untuk tampilan yang sedikit lebih hangat. Namun, perangkat keras apa pun yang digunakan, untuk tampilan terpadu, temukan keran air dengan hasil akhir yang sama. 

Baca juga: 3 Tips Membersihkan Wastafel Dapur Tetap Bersih dan Berkilau

Detail kayu alami

Baik di atas meja, meja island, atau dalam aksen dekoratif, material kayu ekspos adalah suatu keharusan untuk dapur bergaya farmhouse.

Banyak orang menggunakan rak kayu mengambang sebagai rak terbuka atau memiliki meja island dapur dengan material kayu yang kontras.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com