Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Rumah Bergaya Pertanian, dari Desain hingga Sejarahnya

Kompas.com - 05/09/2021, 10:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Hangat, nyaman, dan penuh suasana perdesaan inilah kesan utama yang muncul dari rumah bergaya pertanian atau farmhouse.

Rumah bergaya pertanian bisa terasa seperti rumah, bahkan sebelum Anda melangkah melewati pintu depan. 

Baca juga: Cara Merapikan Benda di Rumah Berdasarkan Zodiak

Melansir dari laman My Domaine, Minggu (5/9/2021), rumah pertanian dimaksudkan untuk keluarga atau ditinggali dan dibangun dengan memiliki fungsi setiap areanya.

Selain itu, rumah farmhouse memiliki teras rumah terbuka yang besar, dapur yang luas, mahal, dan mengesankan, serta ruang luar yang sangat luas hingga berhektare-hektare.

Lantaran kesederhanaannya yang minimalis, rumah pertanian pada dasarnya adalah kanvas kosong yang ingin Anda wujudkan dengan berbagai dekorasi impian. 

Baca juga: 8 Cara Menarik Cinta dan Kemesraan di Rumah Menurut Feng Shui

Tidak semua rumah pertanian ditemukan di daerah pertanian. Rumah bergaya pertanian biasanya ditemukan pada sebidang tanah yang luas dan memiliki banyak ruang terbuka.

Beranda atau teras rumah adalah elemen desain yang penting dimiliki rumah bergaya pertanian. Sebab, ruangan ini kerap menjadi tempat untuk menyeka sepatu dan melepas pakaian kotor sebelum memasuki rumah. 

Selain itu, bagian depan rumah ini kerap dibuat besar dan lebih formal karena dimaksudkan untuk menjamu anggota keluarga, rekan bisnis, dan tetangga. 

Baca juga: 5 Manfaat Menanam Tanaman Herbal di Rumah

Sementara itu, ruang-ruang di dalam rumah pertanian seperti ruang tamu dan ruang makan dibuat lebih kecil dan santai. 

Untuk interior, rumah pertanian memiliki interior yang terbilang sederhana dan tanpa embel-embel. 

Ilustrasi ruang keluarga rumah bergaya pertanian modernUnsplash/Collov Home Design Ilustrasi ruang keluarga rumah bergaya pertanian modern
Tak hanya teras, ruangan paling penting dalam rumah pertanian tradisional adalah dapur. Sama dengan teras, ruangan ini juga sangat luas serta dilengkapi peralatan dapur dengan baik. 

Baca juga: Cepat dan Efisien, Cara Membersihkan Rumah dengan Metode 20/10

Di rumah pertanian yang lebih tua, dapur mempunyai ruang perapian yang berdekatan, perapian terbuka, dan dapur penyimpanan.

Dapur pada rumah bergaya pertanian biasanya memiliki meja dapur island besar yang berada di tengah ruangan serta lemari kayu berukuran besar atau rak terbuka. 

Namun, rumah bergaya pertanian tidak mempunyai basement atau ruang bawah tanah yang sejuk. Rumah pertanian justru memiliki ruang loteng terbuka yang digunakan untuk penyimpanan atau mengubah loteng menjadi kamar tidur

Nah, berikut ini ciri-ciri umum rumah bergaya farmhouse; 

Baca juga: Konsep Rumah Sehat di Tengah Pandemi

Eksterior 

  • Denah lantai sederhana, persegi panjang atau persegi
  • Memiliki satu atau dua lantai
  • Desain praktis dan lugas
  • Bahan bangunan alami seperti kayu dan batu
  • Ruang luar yang sangat luas
  • Beranda fungsional yang besar
  • Memiliki atap banyak dan saling tindih 

Baca juga: 5 Tips Mendekor Ruang Baca yang Nyaman dan Instagramable di Rumah

Ilustrasi dapur rumah bergaya pertanian modernUnsplash/Collov Home Design Ilustrasi dapur rumah bergaya pertanian modern
Interior

  • Memppunyai tungku perapian dan cerobong asap
  • Desain beranda yang besar dan formal
  • Kamar tidur dan kamar mandi berukuran sedang
  • Dapur ekstra besar
  • Loteng terbuka 

Baca juga: 5 Tanaman Herbal yang Mudah Ditanam di Pekarangan Rumah

Sejarah rumah pertanian

Tidak ada satu gaya rumah pertanian yang unik dan berbeda di Amerika. Petani membangunnya sesuai dengan kebutuhan mereka serta pembangunan dan desain rumah ini biasanya ditentukan oleh bahan bangunan yang tersedia di daerah tersebut. 

Rumah pertanian di Amerika awalnya dibangun oleh petani sendiri menggunakan metode dunia lama yang dibawa dari daerah asal mereka. 

Baca juga: 8 Manfaat Vodka untuk Membersihkan Benda dan Area di Rumah

Di New England, rumah pertanian sebagian besar terbuat dari kayu seperti desain awalnya atau daerah asalnya. Di Pennsylvania, tukang batu Jerman yang terampil membangun rumah pertanian dengan mortar, batu, dan bata.

Di Midwest Skandinavia yang kental, rumah-rumah pertanian kayu menggunakan garis-garis yang bersih dan palet warna arsitektur Skandinavia yang diredam. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com