Kompas.com - 04/09/2021, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan rumah adalah rutinitas yang perlu dilakukan untuk memastikan Anda dan keluarga nyaman dan sehat saat beraktivitas. Namun demikian, membersihkan rumah bisa menjadi hal yang enggan dilakukan oleh banyak di antara kita.

Selain menjemukan, membersihkan rumah juga bisa menjadi kegiatan yang melelahkan. Akan tetapi, ada metode yang dapat Anda lakukan agar kegiatan membersihkan rumah menjadi cepat dan efisien.

Dilansir dari Decor Tips, Sabtu (4/9/2021), metode tersebut adalah metode 20/10. Konsep metode ini sederhana, yakni 20 menit pembersihan, diikuti dengan istirahat 10 menit.

Baca juga: Cara Membuat Kegiatan Membersihkan Rumah Lebih Menyenangkan

Cara membersihkan rumah ini ditemukan oleh Rachel Hoffman, penulis buku Unf*ck your habitat dan laman web dengan nama yang sama.

Hoffman mengakui bahwa dia adalah salah satu dari orang-orang yang menganggap kegiatan membersihkan rumah itu membosankan. Untuk membantu mempermudah kegiatan ini, dia menemukan solusi praktis.

Hoffman menjelaskan, gaya hidup modern kita yang sibuk sudah cukup rumit, tanpa tekanan tambahan dari pekerjaan rumah tangga yang tak ada habisnya. Dia merekomendasikan mengambil pendekatan yang lebih santai untuk membersihkan dan merapikan rumah.

Siapa yang harus menggunakan metode 20/10?

idak seperti banyak panduan membersihkan rumah llainnya, metode Hoffman tidak dirancang dengan mempertimbangkan audiens tertentu. Teman sekamar, lajang, pasangan, pelajar, remaja, metode 20/10 cocok untuk siapa saja yang tidak suka bersih-bersih.

Baca juga: Manfaat Kain Mikrofiber untuk Membersihkan Rumah dan Cara Memakainya

Cara menerapkan metode 20/10

Metode 20/10 sangat sederhana. Metode ini dirancang untuk siapa saja dan semua orang, tetapi terutama mereka yang merasa membersihkan rumah adalah tugas yang berat.

Untuk membantu mempermudah, Hoffman merekomendasikan untuk menetapkan waktu tertentu untuk bekerja dan beristirahat.

Lebih khusus lagi, dia menyarankan untuk melakukan pembersihan selama 20 menit, dan kemudian istirahat selama sepuluh menit. Meskipun melewatkan istirahat sangat dilarang, Anda dapat menggunakannya untuk melakukan apa pun yang Anda suka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Decortips
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.