Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/09/2021, 15:24 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak desain dapur yang cantik dan menarik, salah satunya dapur farmhouse atau pertanian. 

Dapur farmhouse memiliki tampilan atau suasana yang nyaman dengan elemen perdesaan atau rustic. Dapur farmhouse menjadi salah satu gaya dapur yang cukup banyak digemari. 

Baca juga: Hindari, Ini 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Merenovasi Dapur

Menurut laporan tren 2019 dari Asosiasi Dapur dan Kamar Mandi Nasional (NKBA), dapur farmhouse atau pertanian adalah salah satu dari empat gaya dapur yang paling banyak diminati dan bakal terus tumbuh dalam beberapa tahun ke depan. 

Dapur farmhouse sering kali berwarna netral seperti putih dan warna kayu. Meski demikian, skema warna ini tidak semuanya tentang putih dan nada kayu. 

Melansir dari Better Homes and Gardens, Minggu (26/9/2021), berikut ini tips memilih warna dapur farmhouse yang memberi kenyaman.  

Baca juga: Trik Memasukkan Warna Hijau di Dapur dan Mendekorasinya 

Mulailah dengan warna netral

Putih, abu-abu, dan krem adalah warna dasar dari dapur farmhouse. Memilih warna cat netral yang tepat adalah langkah pertama mencapai gaya dapur farmhouse yang sempurna.

Warna netral akan bertindak sebagai warna dasar di ruangan, menutupi lemari, dinding, atau keduanya.

Namun, Stephanie Pierce, Direktur Desain dan Tren di MasterBrand Cabinets mengatakan banyak pemilik rumah dan desainer kini beralih ke palet yang lebih bersahaja. 

"Warna putih pekat melunak menjadi krim khaki, nada kayu yang ringan hingga sedang, dan warna berbasis alam," katanya. 

Baca juga: Trik Memasukkan Warna Hijau di Dapur dan Mendekorasinya

Periksa suhu warna

Jika merencanakan perombakan dapur farmhouse, hal pertama yang perlu dipertimbangkan apakah memiliki elemen yang ada (seperti meja atau lantai) untuk dikerjakan.

Pastikan memeriksa elemen tersebut sebelum memilih warna cat netral. Warna cat baru Anda harus melengkapi warna permukaan dapur Anda.

Jadi, carilah warna dengan suhu yang sama. Misalnya, krem dingin akan selaras dengan meja abu-abu tua, sementara cat krem akan menarik kehangatan dari lantai kayu. 

Baca juga: Simak, Ini 5 Ide Mendekorasi Dapur Kecil

Cat lemari dapur

Ilustrasi dapur rumah bergaya pertanian modernUnsplash/Collov Home Design Ilustrasi dapur rumah bergaya pertanian modern
Selajutnya, tips memilih warna dapur farmhouse adalah mengecat lemari dapur. Secara tradisional, lemari dapur yang dicat dengan warna apa pun adalah salah satu elemen paling menentukan gaya dapur farmhouse.

Namun, warna lemari atau kabinet dapur farmhouse tidak terbatas pada warna netral. Bias pula dicat dengan warna lembut atau warna yang lebih berani. 

Dapur farmhouse biasanya adalah ruang yang terang. Jadi, terlepas dari warnanya, warna terang umumnya bekerja paling baik.

Baca juga: 5 Inspirasi Dekorasi Dapur dengan Tanaman Hias Indoor 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com