Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ternyata, Suhu di Kamar Tidur Pengaruhi Kehadiran Tungau

JAKARTA, KOMPAS.com - Kutu busuk atau tungau kasur adalah hama serangga yang mengganggu di kamar tidur. Tungau bisa menimbulkan masalah kesehatan untuk Anda, sehingga harus dibasmi.

Ada banyak cara membasmi tungau kasur yang dapat dilakukan. Namun demikian, perlu diketahui juga bahwa suhu di kamar tidur dapat memengaruhi kehadiran tungau kasur.

Dilansir dari Real Homes, Selasa (5/10/2021), ternyata suhu ideal bagi tungau kasur dewasa untuk berkembang biak adalah antara 21 hingga 32 derajat celcius. Ini dinyatakan oleh Asosiasi Pengendalian Hama Inggris.

Inilah mengapa kutu busuk atau tungau kasur jauh lebih aktif selama bulan-bulan musim kemarau. Saat cuaca cenderung panas itulah tungau kasur suka makan dan kawin, serta berkembang biak.

Kutu busuk atau tungau kasur dapat bertahan hidup antara suhu nol derajat celcius hingga 49 derajat celcius.

Jika suhu ruangan terlalu dingin atau terlalu hangat bagi tungau kasur untuk berkembang biak, mereka akan tertidur selama satu tahun dan menunggu kondisi yang lebih menguntungkan untuk kembali.

Rumah yang selalu hangat adalah kondisi yang ideal bagi kutu busuk atau tungau kasur. Sebab, mereka tidak harus tertidur dan dapat terus memberi makan dan bereproduksi sepanjang tahun.

Tungau kasur tidak hanya tinggal di kamar tidur. Ruangan mana pun dengan sudut dan celah di rumah juga bisa menjadi tempat hidup yang ideal bagi hama pengganggu tersebut.


Meskipun demikian, mereka lebih memilih kamar tidur karena di ruangan ini mereka paling dekat dengan sumber makanan, yakni kulit Anda.

Jika Anda suka tidur di kamar tidur yang cenderung hangat, Anda membuat diri Anda lebih rentan terhadap serangan tungau kasur.

Ini terutama jika suhu hangat ini digabungkan dengan faktor lain seperti furnitur bekas atau kasur tua.

Solusi mencegah tungau kasur menyerang

Menjaga suhu ruangan agar tetap dingin, yakni antara 14 sampai 18 derajat celcius tidak hanya akan membuat kamar tidur kurang menarik bagi kutu busuk, tetapi juga akan mendorong kualitas tidur yang lebih baik.

Anda juga perlu membersihkan kasur secara rutin untuk menghindari serangan tungau kasur. 

Selain itu, jika kasur yang Anda pakai sudah berusia tua, segera ganti agar tidak menjadi sarang tungau kasur.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/05/071800476/ternyata-suhu-di-kamar-tidur-pengaruhi-kehadiran-tungau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke