Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/01/2022, 08:51 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain membersihkan piring kotor, sabun cuci piring dapat digunakan untuk tanaman di kebun

Namun, perlu berhati-hati menggunakannya karena saat bersamaan sabun cuci piring dapat merusak tanaman yang sehat.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Kamis (6/1/2022), berikut manfaat sabun cuci piring untuk tanaman. 

Baca juga: Trik Membasmi Tungau Laba-Laba dengan Sabun Cuci Piring 

Menyingkirkan gulma

Jika mencari opsi pembasmi gulma yang ringan, sabun cuci piring di dapur bisa menjadi solusi tepat. Untuk membuatnya, campurkan setengah cangkir garam, 3,7 liter cuka, dan beberapa tetes sabun cuci piring bersama-sama.

Campuran ini dapat dengan cepat menyingkirkan gulma dalam rentang waktu maksimal dua jam. Namun, berhati-hatilah karena larutan garam dan cuka dapat tertinggal di tanah serta menyebabkan masalah dengan pertumbuhan tanaman dan rumput.  

Baca juga: 6 Manfaat Sabun Cuci Piring selain Membersihkan Peralatan Makan 

Membasmi serangga yang mengganggu 

Ilustrasi sabun cuci piring terbuat dari ekstrak jeruk nipis.SHUTTERSTOCK/PHENPHAYOM Ilustrasi sabun cuci piring terbuat dari ekstrak jeruk nipis.
Beberapa orang memilih menggunakan sabun cuci piring sebagai insektisida untuk membasmi serangga seperti kutu daun, ditambah pilihan yang relatif murah.

Untuk memanfaatkannya, campurkan satu cangkir air, satu sendok teh sabun cuci piring, dan satu sendok teh minyak sayur. Semprotkan campuran ini dengan hati-hati dan merata ke tanaman yang terkena kutu daun. 

Namun, meski cairan pencuci piring terkadang terbukti berhasil sebagai insektisida, sangat penting berhati-hati sebelum menggunakannya untuk membasmi kutu daun karena sabun cuci piring tidak diformulasikan untuk pengendalian serangga.

Jangan menggunakan sabun cuci piring sebagai insektisida tanpa mengujinya pada bagian kecil tanaman terlebih dahulu. Hindari aplikasi saat suhu lebih tinggi dari 32 derajat Celsius. 

Baca juga: 5 Hal yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Sabun Cuci Piring 

Cairan pencuci piring dengan herbisida

Jika gulma merupakan masalah di kebun, pertimbangkan menggunakan sabun cuci piring bersama dengan herbisida tradisional.

Texas A&M AgriLife Extension menyarankan memasukkan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam campuran konsentrat herbisida dan air untuk mendorong herbisida menempel secara efektif pada daun. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com