Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunakan 5 Bahan Alami Ini agar Daun Tanaman Bebas Debu dan Mengkilat

Kompas.com - 05/01/2022, 19:49 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Salah satu masalah yang seringkali dialami tanaman hias di dalam rumah adalah daun yang kusam.

Tanaman hias di halaman rumah terkena angin dan air hujan sehingga tidak mudah berdebu, hal ini tentu sangat bertolak belakang dengan tanaman hias didalam rumah.

Debu yang menempel pada daun tanaman akan membuat tanaman terlihat kusam dan kotor. Tentu saja hal ini dapat menghambat pertumbuhan daun dan tanaman.

Melansir dari Houseplants Corner, Rabu (5/1/2022), untuk membuat tampilan daun kembali mengkilap ada beberapa bahan yang bisa kamu gunakan. Hindari menggunakan produk berbahan keras agar daun tidak terbakar dan kering.

Baca juga: Kenapa Daun Tanaman Hias Perlu Dibersihkan? Ini Alasannya

Bahan alami untuk membersihkan daun tanaman

Ketika mencari tahu cara merawat aglonema, tanaman akan tumbuh sehat asalkan kita mengikuti satu aturan sederhana, yakni semakin terang variegasi pada daun tanaman, maka akan semakin banyak sinar matahari yang dibutuhkannya.UNSPLASH/DAVID CLOD Ketika mencari tahu cara merawat aglonema, tanaman akan tumbuh sehat asalkan kita mengikuti satu aturan sederhana, yakni semakin terang variegasi pada daun tanaman, maka akan semakin banyak sinar matahari yang dibutuhkannya.

Berikut ini adalah bahan-bahan terbaik dan teraman yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan daun tanaman hiasmu.

Campuran sabun dan air

Kamu bisa menggunakan campuran sabun dan air untuk membersihkan daun tanaman. Larutkan sabun kedalam air, basahi lap dengan larutan sabun lalu gosok daun secara perlahan.

Ketika debu dan kotoran yang menempel sudah bersih, keringkan daun menggunakan lap kering. Hindari meletakkan daun yang basah di bawah sinar matahari langsung agar tidak terbakar.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Daun Kelor

Kulit pisang

Untuk mengembalikan kilau daun tanaman hias kamu juga bisa menggunakan kulit pisang. Selain murah, cara ini juga mudah diaplikasikan. Hasilnya warna daun akan kembali mengkilap dengan efek berminyak sehingga terlihat lebih segar.

Susu encer

Encerkan susu dengan sekitar 60% air lalu masukkan kedalam botol spray. Semprotkan larutan susu ke permukaan daun, lalu gosok daun dengan kain lembut. Selain anti jamur dan bakteri, susu juga ampuh mengobati embun tepung. Protein yang terkandung pada susu juga membuat daun kembali berkilau.

Baca juga: Penyebab Daun Tanaman Begonia Mengering dan Cara Mengatasinya

Larutan cuka

Air dan cuka yang sudah diencerkan aman digunakan pada tanaman dalam jumlah kecil. Selain menghilangkan kerak dan bermanfaat untuk bersih-bersih, larutan cuka juga bisa membuat daun menjadi berkilau. Selain itu cuka juga bermanfaat untuk mengusir hama dan memberi nutrisi untuk tanaman sehingga tanaman lebih subur.

Minyak mineral

Minyak mineral adalah satu-satunya minyak yang direkomendasikan untuk menambah kilau pada daun tanpa menghalangi pori-pori daun. Namun sebaiknya hindari menggunakan minyak mineral secara berlebihan, dan gunakan hanya setahun sekali.

Baca juga: Kenapa Daun Tanaman Berubah Menjadi Hitam? Ini 4 Penyebabnya

Bahan yang sebaiknya kamu hindari

Hindari cara membersihkan telinga dengan benda-benda yang lebih kecil dari jari kita atau benda dengan ujung tajam. Tisu basah dapat digunakan untuk membersihkan area luar telinga.UNSPLASH/KELLY SIKKEMA Hindari cara membersihkan telinga dengan benda-benda yang lebih kecil dari jari kita atau benda dengan ujung tajam. Tisu basah dapat digunakan untuk membersihkan area luar telinga.

Hindari menggunakan bahan-bahan dibawah ini untuk membersihkan daun tanaman. Selain dapat menyumbat pori-pori daun, beberapa bahan ini dapat menarik lebih banyak debu dan serangga.

Tisu basah

Meskipun tisu basah terlihat seperti alternatif yang aman untuk membersihkan permukaan daun, nyatanya ia berbahaya untuk daun. Tisu basah dapat mengandung alkohol dan meninggalkan residu kimia lain yang berbahaya bagi daun.

Baca juga: Cara untuk Mengurangi dan Menghilangkan Warna Hijau di Daun Aglonema

Mayones

Meskipun menggunakan mayones adalah metode yang populer, mayones bukanlah pilihan yang baik untuk mengkilapkan daun tanaman. Ini akan membuatnya sangat berkilau, tetapi mayones dapat menyumbat pori-pori daun dan juga akan menarik debu dan serangga.

Minyak kelapa

Sama seperti mayones, minyak kelapa mungkin membuat daun kilap secara instan namun ini dapat menarik debu dan mengusir kelembaban daun. Selain itu daun tanaman yang sudah diolesi dengan minyak kelapa akan lebih rentan terhadap sengatan sinar matahari.

Baca juga: 5 Tanaman Hias dengan Daun Bercorak Garis-garis yang Indah dan Unik

Minyak zaitun

Selain dapat menyumbat pori-pori daun, minyak zaitun juga membuat tanaman sulit mengeluarkan kelebihan kandungan airnya. Selain itu minyak zaitun juga sebaiknya dihindari karena menyebabkan penumpukan lemak pada daun tanaman dan menarik debu.

Produk komersial untuk mengkilapkan daun

Produk komersial dengan bahan kimia akan menyumbat pori-pori daun dan memperlambat pertumbuhan daun. Sebaiknya gunakan bahan-bahan alami yang murah dan mudah untuk digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com