Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/12/2021, 12:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Agar tanaman dapat tumbuh sehat, diperlukan pemberian pupuk. Adapun pupuk tanaman yang dapat digunakan adalah pupuk organik dan pupuk kimia.

Pupuk organik dapat dibuat sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Salah satunya adalah memanfaatkan daun.

Dilansir dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Sabtu (11/12/2021), berikut cara membuat pupuk organik dari daun.

Baca juga: Catat, Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Nasi Sisa

Langkah awal yang harus dilakukan dalam membuat pupuk organik dari daun adalah menyiapkan peralatan dan bahan pendamping terlebih dahulu. Siapkan beberapa peralatan kebun seperti sekop, penyemprot air atau sprayer, dan cangkul.

Siapkan pula wadah seperti ember, tali kantung kompos berupa mulsa plastik hitam. Jika Anda tidak memilikinya, maka bisa diganti dengan kantong plastik hitam.

Adapun bahan pendamping dalam pembuatan pupuk organik dari daun, yaitu air dan larutan EM4. Untuk larutan EM4 anda bisa mendapatkannya di toko pertanian.

Larutan EM4 sangat penting untuk mempercepat dan membantu proses pengomposan lebih mudah. Sediakan juga kayu ataupun bambu dan terpal sebagai bahan utama dalam pembuatan media pengomposan.

Baca juga: Catat, 4 Manfaat Pupuk KCL untuk Tanaman

Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut. Pertama, siapkan lahan atau ruang sebagai tempat meletakkan media pengomposan, pilih tempat yang lembap dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Usahakan juga lokasi mudah untuk dijangkau dan luas, untuk memudahkan Anda dalam proses penjagaan nantinya.

Buatlah tempat berupa kotak dengan penutup diatasnya menggukan bambu ataupun kayu dengan ukuran 1 x 2 x 1 meter. Setelah itu buatlah kantong pengomposan dari mulsa plastik hitam dengan ukuran sama dengan media.

Lubangi kecil-kecil bagian bawah plastik sebagai tempat penyaringan air. Lubangi juga bagian samping plastik sebagai sirkulasi udara nantinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com