Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Membuat Rak Kamar Tidur Menjadi Ruang Penyimpanan yang Bergaya

Kompas.com - 01/06/2022, 12:24 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Rak adalah furnitur yang dibutuhkan di hampir semua rumah. Rak tidak hanya menyediakan ruang penyimpanan, tetapi juga memungkinkan Anda memamerkan beberapa buku, dekorasi, atau barang rumah tangga favorit lainnya. 

Namun, rak tidak boleh terbatas pada ruang keluarga, ruang tamu, atau dapur. Rak juga bisa dimiliki atau diletakkan di kamar tidur

Baca juga: Simak, Ini 4 Keuntungan Memiliki Rak Terbuka di Dapur

Mengingat, kamar tidur memiliki banyak barang. Rak kamar tidur bisa digunakan untuk menyimpan buku, foto keluarga, dokumen penting, dan barang kecil lainnya.

Nah, dilansir dari My Domaine, Rabu (1/6/2022), berikut enam ide membuat rak kamar tidur menjadi tempat penyimpanan yang bergaya dan fungsional. 

Buat rak pada dinding 

Ilustrasi rak dinding.Shutterstock/New Africa Ilustrasi rak dinding.
Jika ingin rak kamar tidur menjadi titik fokus utama, coba memasang rak pada dinding secara penuh. Rak dinding dapat disesuaikan dengan sempurna sesuai kebutuhan, dari untuk menyimpan bulu, memamerkan beberapa dekorasi, dan memajang foto-foto.

Baca juga: 6 Ide Meletakkan Rak di Kamar Mandi agar Terlihat Menarik 

Satu rak di samping tempat tidur 

Seperti diketahui, terkadang tidak ada tempat tersisa untuk menyimpan koleksi buku di ruang keluarga atau ruang kerja.

Ketika ini terjadi, rak kamar tidur bisa membantu mengatasinya. Namun, Anda mungkin tidak memerlukan dinding yang penuh dengan rak.

Sebagai solusi, satu rak di dekat tempat tidur dapat menampung semua bacaan Anda sambil menjaga kamar tidur tetap terlihat rapi dan rapi. 

Baca juga: 5 Tips Menata Letak Kamar Tidur agar Lebih Lapang dan Nyaman 

Pasang picture ledge 

Ilustrasi picture ledge. Shutterstock/Inked Pixels Ilustrasi picture ledge.
Picture ledge adalah rak yang lebih ringkas dan sempurna untuk dekorasi. Picture ledge menyediakan tempat untuk menyimpan barang-barang dekoratif kecil seperti vas kuncup, foto, juga cermin

Ini adalah cara bagus untuk mendapatkan efek dinding galeri tanpa banyak mengatur, memaku, dan menggantung sekaligus mempercantik tampilan rumah. 

Gunakan ruang di atas tempat tidur 

Sering kali, ruang dinding di atas tempat tidur menjadi fokus, jadi sangat cocok untuk meletakkan beberapa rak penyimpanan kecil di sana. 

Namun, sebelum mulai memasangnya, pastikan Anda menggantung rak sempit atau picture ledge cukup tinggi agar tidak membentur kepala.

Setelah iut, jaga isi rak tetap minimal dan tidak berantakan agar bagian ruangan tidak terasa terlalu sibuk. 

Baca juga: 4 Tips Membuat Rak Terbuka di Dapur Semakin Bergaya 

Menambahkan rak built-in 

Ilustrasi rak built-in di kamar tidur. Shutterstock/Jodie Johnson Ilustrasi rak built-in di kamar tidur.
Built-in adalah tambahan yang indah untuk setiap bagian di rumah, terutama kamar tidur. Namun, jangan berhenti menambahkan lemari built-in, tambahkan juga rak built-in.

Rak built-in menyediakan semua penyimpanan di kamar tidur serta menambahkan lebih banyak gaya ke ruangan berkat karakter dan tampilannya yang indah, tetapi tetap sederhana. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias Merambat yang Bisa Jadi Dekorasi Rak Buku

Rak kecil di sudut ruangan 

Beberapa kamar tidur memiliki sudut dan celah yang aneh. Namun, alih-alih membiarkan sudut-sudut ini tetap kosong, buatlah menjadi rak. Rak dapat bekerja baik dengan ruang yang terlalu kecil dan bisa muat di mana saja. 

Untuk membuat sudut menjadi tempat menyenangkan dan nyaman di kamar tidur, tambahkan beberapa tempat duduk serta meja. Ini juga bisa menjadi area membaca di kamar tidur. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com