Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Warna Cat Terbaik untuk Meningkatkan Nilai Jual Rumah

Kompas.com - 01/06/2022, 10:04 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki rumah dengan nilai jual tinggi tentu menjadi impian banyak orang meski tidak berkeinginan menjual rumah pada kemudian hari. 

Selain lokasi yang strategis, nilai jual rumah juga ditentukan oleh struktur dan estetika bangunan. Tak heran, banyak pemilik rumah melakukan berbagai cara mempercantik hunian demi meningkatkan nilai jualnya. 

Baca juga: 5 Ide Merenovasi Kamar Mandi yang Dapat Menambah Nilai Jual Rumah

Salah satu cara mudah menambah nilai jual rumah adalah mengecatnya. Warna cat yang tepat tidak hanya mempercantik dan membuat rumah lebih mengundang, tapi juga meningkatkan nilai properti

Namun, tidak semua warna cat bisa meningkatkan nilai jual rumah. Untuk mencegah kesalahan memilih, berikut warna cat terbaik untuk meningkatkan nilai jual rumah menurut studi Zillow and Islanders' Choice Painting dikutip dari My Decorative, Rabu (1/6/2022). 

Baca juga: 7 Cara Menaikkan Nilai Jual Rumah 

Putih

Ilustrasi ruang keluarga bernuasa putih, ilustrasi ruang berkonsep terbuka.SHUTTERSTOCK/2M media Ilustrasi ruang keluarga bernuasa putih, ilustrasi ruang berkonsep terbuka.
Ketika mengecat bagian luar rumah, putih selalu menjadi pilihan yang aman. Ini memberi tampilan rumah yang bersih dan klasik, tetapi juga dapat membantu menambah nilai jualnya. 

Cat putih memantulkan cahaya sehingga membuat rumah tampak lebih besar dan ramah. Putih juga memiliki nuansa segar dan lapang yang disukai pembeli serta warna netral yang cocok dengan segalanya. 

Namun, kelemahan menggunakan cat putih dapat menunjukkan kotoran dan ketidaksempurnaan lebih cepat daripada warna lain, terutama di area yang sering dilalui kendaraan atau ruangan yang rawan berantakan seperti dapur atau kamar mandi.

Selain itu, cat putih bisa membuat ruangan terasa dingin dan steril. Jika berharap  menciptakan ruang yang hangat dan mengundang, sebaiknya mempertimbangkan palet warna lain. 

Baca juga: Deretan Warna Cat yang Dapat Mempengaruhi Suasana Hati 

Beige 

Ilustrasi ruang tamuUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi ruang tamu
Beige sering dianggap sebagai pilihan yang aman serta warna netral yang cocok dengan banyak perabotan dan gaya dekorasi. 

Bahkan beige bisa menjadi investasi yang bijaksana ketika mencoba meningkatkan nilai rumah. Beige juga memiliki efek menenangkan sehingga menjadikannya pilihan baik untuk kamar tidur dan kamar mandi.

Selain itu, beige membantu ruangan tampak lebih besar dan cerah serta menyediakan kanvas kosong yang dapat dibayangkan pembeli untuk disesuaikan dengan selera mereka sendiri.

Meski menjadi warna netral, beige bisa menjadi hambar dan membosankan sehingga membuat rumah terlihat menjemukan serta kuno.

Beige terkadang bisa sulit dicocokkan karena perubahan warna sekecil apa pun dapat merusak keseluruhan tampilan ruangan. Bila mencari warna cat yang membuat pernyataan, sebaiknya memilih warna lain. 

Baca juga: 5 Pilihan Warna Cat yang Sesuai dengan Desain Ruangan 

Abu-abu 

Ilustrasi ruang tamu dengan nuasa abu-abu.Unsplash/Spacejoy Ilustrasi ruang tamu dengan nuasa abu-abu.
Abu-abu adalah warna yang chic, modern, serbaguna, serta warna yang menarik bagi pembeli. Tentu saja, abu-abu menjadi pilihan tepat untuk meningkatkan nilai jual rumah. 

Namun, tidak semua abu-abu diciptakan sama, jadi pastikan berkonsultasi dengan profesional sebelum membuat keputusan akhir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com