Kompas.com - 25/05/2022, 14:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memperbarui kamar mandi adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan nilai rumah Anda. 

 

Detail kecil, seperti wallpaper atau warna cat yang sudah ketinggalan zaman, dapat membuat tampilan kamar mandi terasa kuno. Di lain waktu, seluruh tata ruang kamar mandi juga perlu mendapat perombakan. 

Baca juga: 4 Cara Memperbarui Tampilan Kamar Mandi

Namun, selain memperbarui permukaan yang sudah usang, penambahan fungsi, ruang penyimpanan, dan kenyamanan juga perlu dihadirkan saat merenovasi kamar mandi untuk benar-benar meningkatkan nilai properti Anda. 

Tidak yakin harus memulai dari mana? 

Dilansir dari Better Homes and Gardens, Rabu (25/5/2022), berikut ide merenovasi kamar mandi yang dapat menambah nilai jual rumah Anda. 

Baca juga: 5 Tips Memaksimalkan Kamar Mandi Kecil agar Tampak Luas dan Tertata 

Ganti ubin dan lantai 

Ilustrasi kamar mandiUnsplash/Point3D Commercial Imaging Ltd. Ilustrasi kamar mandi
Mengganti bentuk, ukuran, desain, atau warna ubin dapat meningkatkan fungsi serta gaya di kamar mandi. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pertimbangkan bahan yang tahan lama dan tahan air.

Karena keamanan penting di kamar mandi, pertimbangkan menambahkan ubin bertekstur kasar yang bisa mencegah terpeleset dan jatuh. Grouting ekstra dapat membantu menahan jamur, kelembapan, juga noda.

Peningkatan besar lainnya adalah lantai radiant heat atau lantai panas berseri. Ini membuat perbedaan besar dalam kenyamanan selama bulan-bulan musim dingin. 

Lantai ini juga membantu menghemat uang dalam jangka panjang dengan membuat ruang  lebih hemat panas. 

Baca juga: 4 Ide Penyimpanan Hemat Ruang untuk Kamar Mandi Besar dan Kecil

Tingkatkan kloset 

Toilet ramah lingkungan atau aliran rendah membantu konservasi air. Jika mencari cara membantu melindungi lingkungan dan merapikan kamar mandi, ganti kloset dengan model terbaru.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.