Kompas.com - 23/05/2022, 07:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comKamar mandi kecil dapat terasa sesak jika tidak ditata dengan baik, memiliki terlalu banyak barang, serta menggunakan furnitur terlalu besar.

Akibatnya, hal ini membuat kamar mandi kurang nyaman serta terasa sumpek. Belum lagi, kebanyakan kamar mandi kecil tidak memiliki ruangan penyimpanan yang memadai untuk menyimpan atau meletakkan barang-barang.

Baca juga: 6 Jenis Lantai Kamar Mandi Antislip

Untungnya, dikutip dari Renonation, Senin (23/5/2022), ada beberapa cara memaksimalkan kamar mandi kecil agar tampak luas dan tertata seperti berikut ini. 

Hadirkan rak tersembunyi 

Ilustrasi kamar mandi kecil, ilustrasi meja rias di kamar mandi kecil.Shutterstock/PHOTOCREO Michal Bednarek Ilustrasi kamar mandi kecil, ilustrasi meja rias di kamar mandi kecil.

Rak tersembunyi cocok digunakan sebagai ruang penyimpanan di kamar mandi kecil karena tidak menonjol keluar sehingga mengurangi halangan dan menjaga barang terlihat rapi.

Pilih rak yang panjang dan lebar untuk membantu memberi efek panjang pada kamar mandi secara visual. 

Area lain yang bisa dimanfaatkan sebagai rak penyimpanan tersembunyi adalah bagian bawah wastafel. Gunakan area ini untuk menyimpan perlengkapan mandi.

Baca juga: 6 Tips Mendesain Kamar Mandi Bergaya Industrial

Perpanjang ubin lantai hingga ke dinding

Ubin lantai tidak perlu berhenti di setiap sudut ruangan, tetapi bisa diperpanjang hingga ke dinding. Dengan meregangkannya secara vertikal, kamu memberi visual bahwa ruang lantai terlihat lebih besar.

Hadirkan meja rias di pojok ruangan

Sudut kamar mandi yang tidak terpakai dapat dimanfaatkan sebagai ruang yang praktis, misalnya sebagai area untuk meja rias built-in.

Bisa pula menggunakan meja berbentuk L untuk menghadirkan ruang penyimpanan di pojok kamar mandi. Pilih yang raknya terbuka. 

Baca juga: 8 Permasalahan di Kamar Mandi Kecil dan Cara Mengatasinya

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Renonation
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.