Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Aman Memasukkan Makanan Panas ke Dalam Kulkas

Kompas.com - 30/04/2022, 11:07 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada berbagai macam faktor mengapa beberapa orang tidak langsung menyantap hidangan panas yang baru dipesan atau baru matang.

Bisa jadi, ada kendala pada pekerjaan yang membuat mereka harus mengatasinya dengan segera, atau anak yang rewel dan butuh perhatian.

Baca juga: Jangan Simpan Makanan Panas ke Dalam Kulkas, Ini Alasannya

Sebelum mengatasi ragam kendala yang muncul, ada orang-orang yang langsung memasukkan makanan panas ke dalam kulkas guna mengantisipasi jika mereka tidak sempat menyantapnya dalam waktu beberapa jam.

Dengan memasukkannya ke dalam kulkas, kesegaran makanan akan tetap terjaga. Mereka pun hanya perlu dihangatkan saat ingin dimakan pada lain waktu.

Jangan masukkan makanan panas ke dalam kulkas

Ilustrasi kulkas, lemari es. SHUTTERSTOCK/MAKESTORY STUDIO Ilustrasi kulkas, lemari es.

Akan tetapi, disadur dari All Recipes, Sabtu (30/4/2022), memasukkan makanan panas langsung ke dalam kulkas ternyata tidak disarankan.

Sebab, mereka dapat meningkatkan suhu kulkas yang mana hal ini menempatkan makanan di dalam zona bahaya untuk petumbuhan bakteri.

Adapun pertumbuhan bakteri berbahaya dapat terjadi pada suhu antara 5-57 derajat celsius. Spektrum ini dikenal sebagai zona bahaya untuk makanan.

Sebab, bakteri yang berpotensi berbahaya tumbuh paling cepat pada suhu ini. Oleh karena itu, suhu kulkas harus selalu berada di bawah 4 derajat celsius.

Cara mendinginkan makanan panas dengan cepat

Meski tidak disarankan, kamu tetap bisa menaruh makanan panas ke dalam kulkas. Hanya saja, suhunya perlu sedikit didinginkan agar tidak terlalu panas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com