Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Hal yang Menyebabkan Bunga Es Muncul di Freezer Kulkas

Kompas.com - 03/04/2022, 23:16 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Munculnya bunga es di freezer kulkas merupakan permasalahan klasik yang umum terjadi, khususnya pada kulkas satu pintu.

Selain mengganggu, adanya bunga es di dalam freezer kulkas juga dapat mempersempit ruang yang ada, sehingga kapasitas penyimpanannya tidak maksimal.

Terkait dengan munculnya bunga es di freezer kulkas, hal ini dapat diakibatkan oleh berbagai hal yang mungkin tak kamu sangka atau ketahui.

Baca juga: 6 Tips Mencairkan Bunga Es pada Freezer agar Bekerja Efisien

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (3/4/2022), pada artikel ini akan dibahas mengenai berbagai penyebab yang membuat bunga es muncul di freezer kulkas.

Ilustrasi bunga es di freezer, Ilustrasi freezer. Unsplash/Dev Benjamin Ilustrasi bunga es di freezer, Ilustrasi freezer.
Bunga es sering muncul pada kulkas satu pintu

Munculnya bunga es di freezer kulkas lebih sering terjadi pada kulkas satu pintu dan sangat jarang menimpa kulkas dua pintu.

Berbeda dengan kulkas dua pintu, kulkas satu pintu biasanya tidak terdapat fungsi defrost, yakni sistem pencairan bunga es.

Oleh karena itu, kulkas satu pintu, terlebih yang tidak memiliki fungsi defrost lebih rentan memunculkan bunga es.

Penyebab munculnya bunga es di freezer kulkas

Baca juga: Cara Membersihkan Freezer agar Tidak Bau dan Bebas Bunga Es

Frekuensi buka-tutup pintu kulkas yang begitu sering

Ketika kamu sering membuka dan menutup pintu kulkas (khususnya pada kulkas satu pintu), ini bisa memunculkan bunga es yang lama-kelamaan menjadi tebal.

Sesuai jenis dan namanya, kulkas satu pintu hanya memiliki satu pintu. Jadi, ketika kamu membuka pintu kulkas satu pintu, ini membuka seluruh bagian dalam kulkas, termasuk kompartemen freezer.

Saat pintu kulkas terbuka, hal itu membuat udara hangat masuk ke dalam kulkas, sehingga menyebabkan kadar uap di dalam kulkas bertambah dan membentuk tumpukan bunga es.

Memasukkan makanan dan minuman panas

Selain frekuensi buka-tutup pintu kulkas, bunga es yang muncul juga bisa karena memasukkan makanan maupun minuman yang panas atau hangat ke dalam kulkas.

Baca juga: 5 Langkah Sederhana Mencairkan Bunga Es dari Freezer

Ada masalah pada makanan yang disimpan di freezer

Memasukkan kelembapan apa pun ke dalam kulkas atau kompartemen freezer dapat berkontribusi pada pembentukan embun beku.

Wadah terbuka berisi cairan yang ditempatkan di dalam kulkas dapat menyebabkan terbentuknya embun beku, karena air di dalam wadah menguap ke dalam kompartemen kulkas dan mengembun di dinding dan rak.

Ada permasalahan pada komponen kulkas

Meskipun bunga es lebih sering muncul pada kulkas satu pintu, ini bukan berarti kulkas dua pintu bisa terhindar sepenuhnya dari bunga es.

Baca juga: Cara Cepat Membersihkan Bunga Es di Freezer

Apabila terdapat bunga es yang muncul pada kulkas dua pintu, kemungkinan itu disebabkan oleh beberapa komponen seperti kipas (fan) atau fungsi defrost tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com