Kompas.com - 30/04/2022, 10:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Biasanya, bahan makanan yang baru dibeli akan langsung dimasukkan ke dalam kulkas guna menjaga kesegarannya sekaligus memperpanjang usia penggunaan.

Terlepas dari jenis bahan makanannya, entah itu sayuran atau daging mentah, umumnya orang-orang akan langsung menaruhnya di dalam laci, kompartemen, atau freezer kulkas.

Baca juga: Stop Menyimpan Kentang di Kulkas, Ini Bahayanya!

Saat kapasitas kulkas sudah penuh, makanan yang bisa disimpan di suhu ruangan akan disimpan di sudut meja dapur secara bersamaan.

Akan tetapi, ada beberapa bahan makanan yang sebaiknya tidak disimpan secara bersamaan, yakni bawang bombai dan kentang. Mengapa? Berikut penjelasannya, seperti dikutip All Recipes, Sabtu (30/4/2022).

1. Dapat memperpendek usia penggunaan

Ilustrasi kentang dan bawang bombai, ilustrasi bawang bombai dan kentang.SHUTTERSTOCK / Irishasel Ilustrasi kentang dan bawang bombai, ilustrasi bawang bombai dan kentang.

Kentang dan bawang bombai memiliki beberapa hal yang serupa, mulai dari menjadi salah satu bahan makanan yang sering digunakan, hingga pertumbuhannya yang subur di bawah tanah.

Artinya, dua bahan makanan ini sama-sama membutuhkan kondisi penyimpanan yang sama, yakni lingkungan yang sejuk, gelap, dan berventilasi. Bahkan, keduanya lebih baik ditaruh di meja atau lemari dapur.

Baca juga: Cara Menyimpan Bawang Bombai Hasil Panen agar Tidak Cepat Busuk

Kendati demikian, hal-hal tersebut bukan berarti bahwa kentang dan bawang bombai harus disimpan secara bersamaan dalam satu tempat. Sebab, hal tersebut hanya akan memperpendek usia penggunaan keduanya.

Bawang bombai menghasilkan gas etilen tingkat tinggi. Ini dapat menyebabkan kentang menjadi terlalu matang dan membusuk sebelum sempat diolah.

Sementara itu, kentang memiliki kadar air yang tinggi sehingga dapat menyebabkan bawang menjadi bombai menjadi cair dan bocor.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.