Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Menyimpan Kentang dan Bawang Bombai Secara Bersamaan

Kompas.com - 30/04/2022, 10:34 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Biasanya, bahan makanan yang baru dibeli akan langsung dimasukkan ke dalam kulkas guna menjaga kesegarannya sekaligus memperpanjang usia penggunaan.

Terlepas dari jenis bahan makanannya, entah itu sayuran atau daging mentah, umumnya orang-orang akan langsung menaruhnya di dalam laci, kompartemen, atau freezer kulkas.

Baca juga: Stop Menyimpan Kentang di Kulkas, Ini Bahayanya!

Saat kapasitas kulkas sudah penuh, makanan yang bisa disimpan di suhu ruangan akan disimpan di sudut meja dapur secara bersamaan.

Akan tetapi, ada beberapa bahan makanan yang sebaiknya tidak disimpan secara bersamaan, yakni bawang bombai dan kentang. Mengapa? Berikut penjelasannya, seperti dikutip All Recipes, Sabtu (30/4/2022).

1. Dapat memperpendek usia penggunaan

Ilustrasi kentang dan bawang bombai, ilustrasi bawang bombai dan kentang.SHUTTERSTOCK / Irishasel Ilustrasi kentang dan bawang bombai, ilustrasi bawang bombai dan kentang.

Kentang dan bawang bombai memiliki beberapa hal yang serupa, mulai dari menjadi salah satu bahan makanan yang sering digunakan, hingga pertumbuhannya yang subur di bawah tanah.

Artinya, dua bahan makanan ini sama-sama membutuhkan kondisi penyimpanan yang sama, yakni lingkungan yang sejuk, gelap, dan berventilasi. Bahkan, keduanya lebih baik ditaruh di meja atau lemari dapur.

Baca juga: Cara Menyimpan Bawang Bombai Hasil Panen agar Tidak Cepat Busuk

Kendati demikian, hal-hal tersebut bukan berarti bahwa kentang dan bawang bombai harus disimpan secara bersamaan dalam satu tempat. Sebab, hal tersebut hanya akan memperpendek usia penggunaan keduanya.

Bawang bombai menghasilkan gas etilen tingkat tinggi. Ini dapat menyebabkan kentang menjadi terlalu matang dan membusuk sebelum sempat diolah.

Sementara itu, kentang memiliki kadar air yang tinggi sehingga dapat menyebabkan bawang menjadi bombai menjadi cair dan bocor.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com