Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/03/2022, 12:08 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika sedang mendaki, tidak semua permukaan rata dan bebas dari bebatuan. Walhasil, kegiatan rebahan pun kurang terasa nyaman karena tubuh terasa sakit.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan sleeping bag atau kantung tidur. Selain cukup empuk, sleeping bag juga memiliki bahan yang cukup tebal untuk mengatasi udara dingin di pegunungan.

Baca juga: Ini Alasan Pelu Mencuci Pakaian Dalam dengan Air Panas

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa tidak semua orang membawa alas untuk menaruh sleeping bag, atau alas ekstra untuk ditaruh di dalam tenda.

Ilustrasi sleeping bag.SHUTTERSTOCK / zhukovvvlad Ilustrasi sleeping bag.

Dengan demikian, bagian bawah sleeping bag akan menjadi kotor oleh debu, tanah, kotoran lain, serta dedaunan dan ranting yang berjatuhan.

Dikutip dari Hunker, Selasa (22/3/2022), ada cara untuk mencuci sleeping bag supaya kamu tidak perlu khawatir akan mengotori tempat penyimpanannya. Seperti apa?

1. Goyangkan

Sebelum mulai mencuci sleeping bag, goyangkan terlebih dulu untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Lalu, jemur sarungnya dengan menggantungnya di jemuran atau ranting pohon.

2. Periksa label

Periksa label sleeping bag untuk mencari tahu bahan pembuatnya, dan cara pencucian yang direkomendasikan. Jika ada, ikuti instruksi yang tertera. Jika tidak ada, cuci sleeping bag menggunakan detergen.

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Mesin Cuci 2 Tabung

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com