Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pendaki, Begini Cara Mencuci Sleeping Bag

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika sedang mendaki, tidak semua permukaan rata dan bebas dari bebatuan. Walhasil, kegiatan rebahan pun kurang terasa nyaman karena tubuh terasa sakit.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan sleeping bag atau kantung tidur. Selain cukup empuk, sleeping bag juga memiliki bahan yang cukup tebal untuk mengatasi udara dingin di pegunungan.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa tidak semua orang membawa alas untuk menaruh sleeping bag, atau alas ekstra untuk ditaruh di dalam tenda.

Dengan demikian, bagian bawah sleeping bag akan menjadi kotor oleh debu, tanah, kotoran lain, serta dedaunan dan ranting yang berjatuhan.

Dikutip dari Hunker, Selasa (22/3/2022), ada cara untuk mencuci sleeping bag supaya kamu tidak perlu khawatir akan mengotori tempat penyimpanannya. Seperti apa?

1. Goyangkan

Sebelum mulai mencuci sleeping bag, goyangkan terlebih dulu untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Lalu, jemur sarungnya dengan menggantungnya di jemuran atau ranting pohon.

2. Periksa label

Periksa label sleeping bag untuk mencari tahu bahan pembuatnya, dan cara pencucian yang direkomendasikan. Jika ada, ikuti instruksi yang tertera. Jika tidak ada, cuci sleeping bag menggunakan detergen.


 

Jika memungkinkan, gunakan mesin cuci bukaan depan untuk mencuci sleeping bag. Sebab, mesin cuci bukaan atas memiliki pengaduk yang dapat memutar, merobek, atau merusak sleeping bag.

Pilih setelan air hangat, serta siklus pembilasan dan pemerasan ekstra. Kemudian, tambahkan detergen secukupnya sebelum memulai proses pencucian.

Apabila mereka masih penuh dengan air setelah proses pencucian selesai, taruh kembali untuk putaran lain. Alternatifnya, kamu dapat memeras sleeping bag untuk membantu mengeluarkan air yang tersisa.

  • Alternatif menggunakan tangan

Sleeping bag dapat dicuci menggunakan tangan, meski kurang ideal lantaran menghabiskan waktu. Namun, kamu perlu melakukannya jika label pencucian menginstruksikan hal tersebut.

Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu menaruh sleeping bag di dalam wadah yang besar. Bathtub atau wastafel yang bersih pun bisa dijadikan sebagai wadah pencuci sleeping bag.

Selanjutnya, tuangkan air hangat atau air dingin sesuai dengan instruksi label. Taburkan detergen secukupnya, atau sesuai yang tertera pada label. Kemudian, cuci seperti biasa.

Setelah itu, rendam sleeping bag selama 30 menit atau lebih, keringkan wadah, isi dengan air bersih, dan bilas sleeping bag hingga bersih.

4. Jemur atau gunakan mesin pengering

Kebanyakan sleeping bag dapat dikeringkan dengan cara dijemur, terlebih jika kamu tidak memiliki mesin pengering.

Bagi yang memiliki mesin pengering, masukkan sleeping bag bersamaan dengan beberapa bola tenis yang bersih atau bola jenis wool dryer ball yang dapat membantu pakaian lebih cepat kering.

Nyalakan mesin pengering, dan periksa kembali setelah berjalan selama 20 menit untuk melihat proses pengeringan, serta memastikan mesin pengering tidak terlalu panas bagi sleeping bag.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/03/22/120800776/pendaki-begini-cara-mencuci-sleeping-bag

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke