Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menciptakan Ruang Kerja di Rumah

Kompas.com - 11/03/2022, 21:10 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comRuang kerja yang nyaman dan tenang dapat meningkatkan produktivitas selama bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Selain itu, ruang kerja yang nyaman juga membuat mudah berkonsentrasi, tetap fokus, dan tidak terlalu merasa lelah. Dengan demikian, suasan hati akan selalu dalam keadaan positif.

Baca juga: Produktif Selama WFH, Letakkan 3 Tanaman Ini di Meja Kerja

Jika ingin menciptakan ruang kerja yang nyaman di rumah, pilihlah kursi ergonomis berkualitas agar tubuh tidak merasa pegal dan meja kerja dengan tinggi yang sesuai agar tubuh tidak membungkuk.

Untuk aspek ketenangan, psikolog Indah Sundari mengatakan kamu perlu mempertimbangkan suasana di dalam rumah.

“Kalau menciptakan ruang kerja di ruangan yang mana anak sering melakukan aktivitias mereka di sana, yang awalnya niat ingin kerja malah jadi menemani anak,” ujar Indah dalam konferensi pers virtual bertajuk “Kampanye Dekoruma #SatuSudutDulu”, Kamis (10/3/2022).

Baca juga: Menurut Psikolog, Ini 3 Warna untuk Tingkatkan Produktivitas Saat WFH

Ilustrasi ruang kerja di rumah. PIXABAY/WONJAE LEE Ilustrasi ruang kerja di rumah.

Menurut Indah, tidak ada patokan terkait dengan seperti apa suasana dan desain ruang kerja di rumah lantaran setiap orang memiliki profesi, lingkungan, dan hal lain yang berbeda-beda.

Jadi, setelah mempertimbangkan suasana di dalam rumah masing-masing, mereka dapat menentukan spot atau ruangan mana yang dapat diubah menjadi ruang kerja selama WFH.

“Kalau seperti apa ruang kerja (yang direkomendasikan), ini tergantung kebutuhan. Kalau banyak bekerja pakai komputer, kursi harus jadi hal utama yang dipikirkan,” tegas Indah.

Baca juga: 3 Tips Feng Shui agar Fokus Saat Bekerja dari Rumah

Ukuran ruangan dan furnitur

Setelah menemukan spot atau ruangan untuk menciptakan area kerja, perhatikan ukuran furnitur yang akan digunakan agar bisa sesuai dengan ukuran ruangan. 

Dalam kesempatan yang sama, CEO dan Co-founder Dekoruma, Dimas Harry Priawan, mengatakan, tentunya kamu tidak mungkin menaruh tiga meja jati ke dalam ruang kerja atau belajar oleh orang-orang di rumah.

Baca juga: Cara Menciptakan Ruang Kerja Nyaman di Rumah Menurut Desainer Interior

Jika tidak ada ukuran furnitur yang sesuai dengan ukuran ruang kerja, alternatif adalah mengakalinya adalah memesan furnitur yang disesuaikan atau furnitur custom. 

“Membutuhkan furnitur yang disesuaikan. Secara harga lebih tinggi, tapi benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Kualitasnya pun lebih tinggi, tapi balik lagi tergantung bujet dan ukuran, lalu tinggal pilih mau yang mana,” tutur Dimas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com