Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Meningkatkan Desain dan Renovasi Kamar Mandi agar Tampak Mewah

Kompas.com - 28/02/2022, 13:21 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi ruangan paling kecil di rumah tak membuat kamar mandi luput dari perhatian. Banyak pemilik rumah saat ini mengubah tampilan kamar mandi tidak hanya cantik, tapi juga elegan dan nyaman.

Tak heran, membuat kamar mandi bukan hanya menjadi tempat mandi, melainkan juga relaksasi serta peristirahatan melepaskan penat seusai bekerja. 

Baca juga: 5 Ide Menghadirkan Cermin di Kamar Mandi Kecil untuk Memperbesar Ruang

Menurut mantan kontestan The Block, Dale Vine, mendesain kamar mandi saat ini relatif mudah. “Produk kamar mandi telah berevolusi ke titik hampir semuanya terlihat cantik,” kata Dale disitat dari Real Estate, Senin (28/2/2022). 

Dale mengatakan, merenovasi kamar mandi yang indah hari ini sangat mudah hanya melalui produk itu sendiri dibanding pilihan yang dimiliki sepuluh tahun lalu. 

Jika berencana merenovasi kamar mandi dan membutuhkan inspirasi untuk barang-barang, Dale membagikan lima cara meningkatkan desain dan renovasi kamar mandi seperti berikut ini. 

Baca juga: 3 Warna Terbaik untuk Kamar Mandi Menurut Feng Shui 

Bathtub mewah

Ilustrasi kamar mandi modernShutterstock/Julia Vadi Ilustrasi kamar mandi modern
Jika kamar mandi memiliki cukup ruang dan ingin menggunakan bathtub atau bak mandi, luangkan waktu untuk mengevaluasi pilihan Anda.

"Bathtub memiliki tampilan mewah, tepi bulat yang indah, ukurannya sangat besar, serta kedalaman cukup sehingga Anda benar-benar dapat menenggelamkan diri dan melupakan semua kekhawatiran," ujar Dale.

Bahkan tanpa air di dalamnya, tampilan bathtub yang indah benar-benar membuat Anda merasa seperti berada di suatu tempat mewah. 

Baca juga: 6 Tips Membersihkan Kamar Mandi Secara Menyeluruh 

Gabungkan beberapa potongan pernyataan 

Dale mengatakan keran air hitam terlihat luar biasa dibanding keran air putih. Anda dapat memasang cerat besar pada lantai atau dinding yang terlihat sangat tajam serta bersih.

"Jalankan saja penyelesaian itu melalui seluruh ruang Anda dan dari kamar ke kamar untuk menciptakan kontinuitas di seluruh rumah Anda." 

Demikian pula, pilih wastafel yang memiliki bahan berkualitas serta bentuk unik.  

Baca juga: 4 Ide Memilih Lantai dan Dinding untuk Kamar Mandi Kecil

Kontrol pemanas untuk kenyamanan

Ilustrasi kamar mandi kecilUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi kamar mandi kecil
Pemanas kamar mandi merupakan sebuah kemewahan. Bila ingin melakukan renovasi besar-besaran dan memiliki anggaran, pertimbangkan pemanas di bawah lantai atau lampu berpemanas.

“Pemanas di bawah lantai adalah fitur yang disukai orang. Beberapa pemanas di bawah lantai dilengkapi pengatur waktu sehingga dapat mengaturnya agar menyala 15 menit sebelum Anda mandi pagi," ujar Dale.

Dengan cara ini, Anda bisa bangun dari tempat tidur dan berjalan lurus ke permukaan ubin yang hangat, yang sangat mewah. 

Dale menambahkan, pemanas kamar mandi juga dapat membantu "mengeringkan" ruangan. “Kamar mandi merupakan area lembap dan basah. Pemanas di bawah lantai dapat membantu ubin lebih cepat kering serta mengurangi jamur dan lumut. Ini adalah tambahan cukup keren." 

Baca juga: 5 Cat Kamar Mandi yang Penuh Warna untuk Tampilan yang Menyegarkan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com