Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengecat Langit-langit Bikin Kamar Tidur Sempit Tampak Lebih Luas?

Kompas.com - 28/02/2022, 07:46 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Langit-langit adalah bagian dinding yang sering terlupakan di kamar tidur. Saat mendekorasi kamar tidur, pemilik rumah mungkin tidak mempertimbangkan warna langit-langit sebagai bagian dari skema warna.

Padahal, langit-langit memainkan peran besar dalam keseluruhan nuansa ruangan. Memilih warna terang atau gelap dapat membuat ruangan terasa lebih besar atau lebih kecil.

Kombinasi warna, apakah terang atau gelap, juga memengaruhi seberapa besar atau kecil ruangan terasa.

Baca juga: 5 Trik Menata Dapur Sempit agar Tampak Luas dan Tidak Pengap

Ilustrasi mengecat langit-langit ruangan. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi mengecat langit-langit ruangan.

Dikutip dari Home Guides SF Gate, Senin (28/2/2022), berikut panduan memilih warna langit-langit agar kamar tidur sempit terasa lebih luas.

1. Warna gelap

Kamar tidur besar dengan langit-langit tinggi sering kali terasa tidak seimbang atau dingin karena furnitur dan lantai menempati kurang dari setengah ruangan, meninggalkan sisa ruang kosong.

Warna cat dapat membantu menurunkan langit-langit, menipu mata dengan berpikir bahwa ruangan itu lebih kecil dan lebih intim. Warna-warna dalam seperti coklat di langit-langit dapat menghangatkan ruangan dan membuatnya terasa nyaman.

Di ruangan yang jarang perabotannya, langit-langit gelap bisa menjadi titik fokus, mengalihkan perhatian dari kurangnya aksesori.

Baca juga: Tips Memilih Warna Cat Dinding Ruangan Sempit agar Tampak Lebih Luas

2. Warna cerah

Kamar tidur kecil atau dengan langit-langit rendah bisa terasa sempit dan pengap. Warna-warna terang di langit-langit dapat membuat ruangan terasa lebih besar.

Trik untuk secara efektif membuka ruangan sempit adalah menjaga kontras warna antara dinding dan langit-langit seminimal mungkin. Misalnya, dinding biru tua dengan langit-langit putih mungkin tidak berfungsi untuk memperbesar ruangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com