Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Kasur Organik dan Manfaatnya untuk Kesehatan?

Kompas.com - 28/02/2022, 08:19 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak konsumen kini lebih memilih untuk mengonsumsi produk makanan organik atau perawatan tubuh berbahan organik dan alami. Akan tetapi, tahukah Anda ada juga kasur organik?

"Orang membeli pembersih rumah tangga organik untuk meminimalkan bahan kimia beracun, tetapi mereka sering tidak menyadari bahwa kasur yang mereka tiduri mungkin juga penuh dengan bahan kimia beracun," kata Barry A Cik, pendiri dan direktur teknis Naturepedic, merek kasur organik, dikutip dari Martha Stewart, Senin (28/2/2022).

Kasur organik adalah kasur yang tidak beracun dan bebas bahan kimia. Selain itu, kasur organik dibuat dengan bahan alami berkualitas lebih tinggi.

Baca juga: Cara Membersihkan Kasur yang Benar, Lakukan Setiap 6 Bulan Sekali

Ilustrasi kasur. SHUTTERSTOCK/GAF_LILA Ilustrasi kasur.

Pada akhirnya, membeli kasur organik bukan tentang mengikuti tren pemasaran ramah lingkungan. Ini adalah pilihan konsumen terkait dampak manusia dan keberlanjutan global.

"Membeli kasur organik seharusnya tidak hanya tentang komponen produk," jelas Jack Dell'Accio, CEO dan pendiri perusahaan kasur organik Essentia.

"Ini perlu tentang tanggung jawab sosial, praktik pertanian yang etis, standar produksi yang etis, dan upah yang adil di semua tingkatan," imbuh dia..

Apa itu kasur organik?

"Pada dasarnya, organik mengacu pada komponen yang berasal dari bahan alami tanpa menggunakan pestisida dalam pertanian atau bahan kimia dalam pengolahannya," jelas Dell'Accio.

Baca juga: Panduan Memilih Kasur yang Tepat untuk Kamar Tidur

Jadi, terkait kasur organik versus kasur konvensional, terang Cik, yang pertama secara khusus dibuat dari bahan premium seperti kapul organik, wol, dan lateks. Kasur organik juga bebas dari bahan kimia beracun lainnya.

Apa keuntungan membeli kasur organik?

"Alasan nomor satu untuk tidur di kasur organik adalah kualitas udara dalam ruangan," ujar Dell'Accio.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com