Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab dan Cara Menghentikan Kebiasaan Kucing Naik ke Kasur

Kompas.com - 15/01/2022, 17:34 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Apakah kucing peliharaanmu seringkali naik dan tidur diatas kasurmu? Kucing adalah hewan yang suka menujukkan kasih sayangnya. Salah satu caranya ialah dengan mengikutimu kemanapun kamu pergi termasuk ke dalam kamar dan tidur di dekatmu.

Namun apakah kamu tahu jika hewan peliharaan sebaiknya tidak tidur di kasur yang sama dengan mu. Beberapa resiko yang mungkin muncul adalah tungau kasur, alergi dan parasit seperti kutu.

Melansir dari Cat Vills, Sabtu (15/1/2022), berikut ini adalah alasan mengapa kucing sangat suka naik keatas kasur dan cara pencegahannya.

Baca juga: 5 Hal yang Dapat Menyebabkan Kucing Sering Menghilang

Alasan kucing naik dan tidur di kasurmu

Menghilangkan baunya adalah cara mengusir kucing yang cukup efektif membuat kucing mencari area bernaung lain.Unsplash/Sarah Ball Menghilangkan baunya adalah cara mengusir kucing yang cukup efektif membuat kucing mencari area bernaung lain.

Butuh kehangatan

Kucing kerap kali naik dan tidur dikasur pemiliknya karena kasur sangat nyaman dan hangat. Selimut dan bantal diatas kasur sangat menggoda bagi kucing untuk naik dan tidur walaupun saat kamu tidak ada disana.

Ingin dekat denganmu

Kucing cenderung ingin dekat dan menunjukkan kasih sayang kepada pemiliknya. Ia akan berusaha dekat dengan mu setiap waktu, bahkan di saat ia ingin tidur.

Kucing akan mulai naik ke kasur dan tidur dekat kaki atau kepalamu untuk menunjukkan rasa sayang.

Baca juga: Catat, Ini Pasir yang Cocok untuk Anak Kucing

Untuk perlindungan

Selain sebagai teman, kucing juga melihatmu sebagai tempat berlindung. Mereka berfikir akan lebih baik jika tidur dekat dengan mu yang bisa melindunginya dari bahaya apapun.

Untuk menandai wilayah

Kucing adalah hewan teritorial yang suka menandai wilayah kekuasaannya. Bagi mereka, wilayah rumah adalah area teritorialnya termasuk kamar tidur dan kasur.

Mencari ketenangan

Saat tidur kucing lebih memilih untuk mencari tempat yang sunyi dan tidak dilewati banyak orang. Beberapa tempat favoritnya ialah diatas lemari, atap rumah dan juga di atas kasurmu.

Baca juga: Ketahui, 4 Hal Ini Bisa Menyebabkan Kucing Depresi

Cara agar kucing tidak naik ke kasur

Ilustrasi kucing tidur dengan tubuh melingkarUnsplash/Ben Wicks Ilustrasi kucing tidur dengan tubuh melingkar

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat kucing enggan tidur diatas kasurmu lagi.

Gunakan semprotan serai wangi

Serai wangi atau citronella adalah aroma yang tidak disukai kucing. Ia akan menghindari area yang beraroma serai, untuk itu kamu bisa mencoba menggunakan aroma serai untuk kamar mu. Selain efektif untuk menjauhkan kucing, semprotan serai wangi juga ampuh mengusir nyamuk.

Baca juga: 5 Tips agar Kucing Merasa Nyaman dan Tidak Stres di Lingkungan Baru

Berikan kucing tempat tidur sendiri

Karena kucing menginginkan tempat tidur yang nyaman, tak ada salahnya untuk membelikannya tempat tidur sendiri.

Untuk memilih tempat tidur yang cocok kamu bisa memperhatikan kebiasaan kucing peliharaan.

Jika ia menyukai alas yang empuk berikan tempat tidur yang agak tebal. Namun, jika ia suka bersembunyi dibalik selimut, kamu bisa memberinya tempat tidur yang tertutup.

Baca juga: Berapa Lama Kucing Melahirkan? Ini Tahapannya

Larang dengan tegas

Saat melarang kucing, lakukan dengan tegas dan gunakan kata yang sama berulang kali. Misalnya saja kamu selalu bilang “jangan” atau “turun” saat kucing sudah naik ke atas kasur. Jika kamu konsisten kucing akan mulai mengerti dan tidak akan mengulanginya lagi.

Lakukan pencegahan

Kamu bisa melakukan pencegahan dengan meletakkan barang-barang yang tidak disukai kucing diatas kasur.

Seperti melapisi kasur dengan aluminium foil atau menggunakan selotip dua sisi. Ini cara yang cukup efektif agar kucing tak lagi naik keatas tempat tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com