Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankah Menanam Tanaman dengan Pot Plastik? Simak Penjelasannya

Kompas.com - 27/02/2022, 19:10 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan kepadatan penduduk yang terus meningkat, tidak semua orang memiliki akses ke pekarangan atau halaman rumah.

Namun, bagi orang yang masih ingin merawat tanaman, merawatnya di dalam pot menjadi pilihan paling baik. Biasanya, banyak orang yang merawat tanaman di dalam wadah atau pot plastik yang ringan. 

Baca juga: Cara Membasmi Semut dari Pot Tanaman

Namun, amankah menanam tanaman di dalam wadah plastik?  

Dilansir dari Gardening Know How, Minggu (27/2/2022), menanam tanaman menggunakan wadah atau pot plastik sebetulnya aman-aman saja.

Daya tahan, ringan, kelenturan, dan kekuatan adalah beberapa keunggulan menanam tanaman dalam wadah plastik. Pot dan wadah plastik adalah pilihan baik untuk tanaman yang menyukai kelembapan atau mereka yang kurang teratur menyiram tanaman

Wadah plastik ini dibuat dalam banyak warna menarik, tapu sering melalui proses daur ulang. Ada kekhawatiran yang baru-baru ini muncul tentang plastik mengandung Bisphenol A (BPA). 

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Jamur Putih pada Tanah Tanaman Pot

Ilustrasi pot plastik untuk tanaman. SHUTTERSTOCK/VIETNAM STOCK IMAGES Ilustrasi pot plastik untuk tanaman.

Lagi-lagi, hal ini membuat orang bertanya-tanya amankah menanam tanaman seperti sayur dan buah dalam wadah plastik?

Ada banyak ketidaksepakatan tentang penggunaan plastik dalam menanam tanaman yang bisa dikonsumsi. Sebagian besar petani komersial menggunakan plastik dalam satu atau lain bentuk ketika menanam tanaman.

Anda memiliki pipa plastik yang mengairi tanaman dan rumah kaca, plastik untuk menutupi tanaman, plastik untuk bercocok tanam, mulsa plastik, bahkan plastik untuk menanam tanaman pangan organik.

Meski tidak terbukti, para ilmuwan setuju BPA adalah molekul agak besar dibanding ion yang diserap tanaman sehingga tidak dapat melewati dinding sel akar ke dalam tanaman itu sendiri. 

Baca juga: 6 Jenis Tanaman Hias yang Tumbuh Subur di Cuaca Panas dan Terik 

Cara menanam tanaman dalam wadah plastik 

Ilmu pengetahuan mengatakan berkebun dengan plastik itu aman. Namun, jika masih memiliki beberapa kekhawatiran, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memastikan penggunaan plastikaman.

Pertama, gunakan plastik bebas BPA dan bahan kimia berbahaya lainnya. Semua wadah plastik yang dijual memiliki kode daur ulang sehingga memudahkan menemukan plastik paling aman digunakan di rumah dan taman. Cari kemasan plastik berlabel #1, #2, #4, atau #5.

Memperhatikan kode daur ulang plastik sangat penting jika menggunakan kembali wadah plastik dari produk lain yang dapat diproduksi dalam berbagai kode daur ulang. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Menggunakan Kembali Tanah Pot yang Sudah Lama

Kaleng bekas dapat dihias menjadi cantik dan dimanfaatkan kembali untuk pot tanaman hias.UNSPLASH/JULIETTA WATSON Kaleng bekas dapat dihias menjadi cantik dan dimanfaatkan kembali untuk pot tanaman hias.
Kedua, jaga wadah plastik tidak terlalu panas. Bahan kimia yang berpotensi berbahaya seperti BPA dilepaskan paling signifikan saat plastik menjadi panas.

Jadi, menjaga plastik tetap dingin akan membantu mengurangi potensi pelepasan bahan kimia. Jauhkan wadah plastik dari sinar matahari terik dan pilih wadah berwarna terang.

Ketiga, gunakan media pot yang memiliki jumlah bahan organik tinggi. Media pot dengan banyak bahan organik tidak hanya tetap lembut dan menjaga tanaman tetap sehat, tapi juga bertindak seperti sistem penyaringan yang membantu menangkap serta mengumpulkan bahan kimia sehingga lebih sedikit yang sampai ke akar. 

Baca juga: 5 Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Pekarangan Minimalis

Namun, bila masih merasa khawatir menggunakan wadah plastik untuk menanam tanaman, sebaiknya pilih pot dari material lain seperti pot tanah liat, pot keramik yang lebih tradisional, gelas daur ulang, dan wadah kertas. 

Kesimpulannya, sebagian besar ilmuwan dan petani profesional percaya bahwa menanam tanaman menggunakan wadah plastik itu aman. Namun, tentu saja, hal ini menjadi pilihan pribadi setiap orang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com