Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/02/2022, 13:20 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calathea adalah salah satu tanaman hias populer dan banyak dirawat pencinta tanaman. 

Tanaman hias dari genus tanaman besar yang memiliki sekitar 12 varietas berbeda ini disukai karena memiliki daun dengan beragam bentuk dan warna. 

Baca juga: Daun Calathea Berubah Warna Jadi Kuning dan Coklat, Ini 8 Penyebabnya

Daun tanaman calathea umumnya berukuran besar dan tebal serta berwarna hijau cerah. Namun, beberapa jenis calathea memiliki corak merah pada bagian daunnya serta memiliki bunga warna kuning atau oranye yang sangat mencolok.

Umumnya, tanaman hias calathea tumbuh subur di dalam ruangan serta relatif mudah dan cepat tumbuh. Calathea dapat tumbuh subur mencapai ketinggian 30-60 sentimeter di dalam ruangan, tergantung jenisnya. 

Ilustrasi tanaman hias calatheaShutterstock/Totokzww Ilustrasi tanaman hias calathea
Selain itu, tanaman calathea bisa ditanam di dalam pot dengan meletakkannya di dalam ruangan maupun ditanah langsung. 

Baca juga: 3 Masalah Umum yang Kerap Menyerang Tanaman Calathea

Lantas, bisakah merawat atau menanam tanaman calathea di luar ruangan? Bisakah calathea tumbuh subur di luar ruangan? 

Dilansir dari Gardening Know How, Senin (21/2/2022), tanaman calathea bisa ditanam atau tumbuh subur di luar ruangan, tergantung pada iklim tempat tinggal Anda karena calathea adalah tanaman tropis.

Jika tinggal di iklim yang hangat dan lembap di zona tahan banting tanaman USDA 8 atau lebih, Anda dapat mencoba menanam tanaman calathea di luar ruangan atau kebun

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Daun Calathea Keriting dan Menggulung

 

Tips merawat tanaman calathea di luar ruangan 

Sama dengan di dalam ruangan, merawat tanaman calathea di luar ruangan tidak terlalu rumit, asalkan tanaman sudah memenuhi semua kebutuhannya.

Tempatkan tanaman calathea pada tempat teduh atau cahaya yang disaring karena paparan sinar matahari langsung dapat memudarkan gurat warna-warni pada daun calathea. Jauhkan dari sinar matahari sekitar 45-60 sentimeter. 

Selain itu, lakukan menyiram tanaman secara rutin untuk menjaga tanah tetap lembap, tetapi jangan sampai basah, terutama saat cuaca panas. 

Baca juga: Mengenal 5 Jenis Calathea, Si Tanaman Hias Berdaun Indah

Ilustrasi tanaman hias Calathea Peacock.UNSPLASH/SEVERIN CANDRIAN Ilustrasi tanaman hias Calathea Peacock.
Calathea umumnya tidak terganggu oleh penyakit selama mendapat perawatan tepat. Penyiraman dilakukan untuk menghindari penyakit bakteri dan jamur di dalam tanah.

Namun, hindari penyiraman pada malam hari. Beri tanaman calathea pupuk sebanyak tiga atau empat kali antara awal musim semi dan musim gugur menggunakan pupuk seimbang berkualitas baik, lalu siram tanaman dengan baik setelah pemupukan.

Jangan lupa untuk melapis mulsa untuk membuat tanah tetap sejuk dan lembap. Namun, batasi mulsa hingga beberapa inci jika memiliki permasalahan hama. 

Baca juga: Calathea dan Maranta, Apakah Jenis Tanaman Hias yang Sama?

Tanaman calathea di luar ruangan sering kali mengalami masalah hama seperti tungau laba-laba dan siput, terutama untuk calathea yang tumbuh di bawah sinar matahari yang terlalu banyak.

Semprotan sabun insektisida guna mengatasi masalah ini, tetapi hindari menyemprot tanaman selama bagian hari paling panas.

Sementara itu, untuk memperbanyak tanaman calathea baru, cukup mengambil stek atau dengan membagi tanaman dewasa. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com