Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/12/2020, 07:07 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Calathea atau kalatea merupakan genus tanaman milik keluarga marantaceae yang berasal dari Amerika tropis, yang biasa disebut prayer plants alias tanaman doa.

Tanaman cantik ini cukup unik karena daun yang lebar memanjang serta memiliki motif yang menarik, serta bisa tumbuh hingga ketinggian 30-50 cm.

Di beberapa daerah Indonesia, calathea lebih dikenal dengan sebutan meranti. Corak yang cantik dan khas di setiap jenis calathea menjadi daya pikat tersendiri bagi para pecinta tanaman hias.

Baca juga: Mengenal Calathea, Tanaman Hias Cantik yang Tak Butuh Banyak Cahaya

Jenis-jenis calathea sendiri sebenarnya ada cukup banyak, tapi beberapa jenis di bawah ini adalah yang cukup populer sepanjang 2020, dilansir dari berbagai sumber, Jumat, (18/12/2020).

1. Calathea black lipstick

Black lipstick merupakan jenis calathea asli Papua yang memiliki warna daun yang sangat khas berwarna hijau gelap keunguan dengan corak mirip dengan rose painted tetapi berwarna merah muda.

Bila diperhatikan secara detail, daun calathea black lipstick seolah dilukis tangan dengan motif seperti pakaian. Di luar Indonesia, calathea black lipstick lebih dikenal dengan sebutan calathea dottie.

Ilustrasi calathea black lipstick. SHUTTERSTOCK/ANTO NS Ilustrasi calathea black lipstick.

2. Calathea makoyana

Daun calathea memiliki corak garis-garis warna merah maroon pada bagian bawah daun dan warna hijau pada bagian atas daun.

Calathea jenis ini memiliki bunga yang berwarna putih. Selain itu, calathea makoyana dapat tumbuh tinggi mencapai 60 cm.

Baca juga: Simak, Cara Merawat Tanaman Hias Calathea

3. Calathea silver plate

Silver plate adalah calathea yang termasuk ke dalam tumbuhan perrenial alias bisa hidup bertahun-tahun, tapi dengan catatan harus dirawat dengan baik.

Sesuai namanya, warna utama daun calathea plate itu berwarna silver mengkilap. Selain itu, daunnya juga ada warna gradasi kehijauan pada bagian atas daunnya serta keunguan gelap pada bagian bawah dan batangnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com