Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Tanaman Dalam Ruangan Menyebabkan Alergi? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 21/02/2022, 11:07 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun banyak tanaman hias yang dapat diletakkan di dalam ruangan saat ini, namun beberapa jenis tanaman hias bisa menyebabkan alergi.

Alergi dapat disebabkan oleh menghirup atau menyentuh bagian tanaman tersebut. 

Dilansir dari Gardening Know How, Senin (21/2/2022),  jika Anda menderita alergi karena ada tanaman hias di dalam ruangan, itu bisa disebabkan oleh menghirup alergen di udara, seperti serbuk sari, dari tanaman hias apa pun.

Baca juga: 4 Tanaman Hias yang Sangat Mudah Dirawat dan Tidak Gampang Mati

Menjaga suhunya tetap sesuai bagi tanaman secara spesifik adalah bagian dari cara merawat tanaman agar tumbuh subur dan cepat, serta mencegah kerusakan.SHUTTERSTOCK/GRUMPY COW STUDIOS Menjaga suhunya tetap sesuai bagi tanaman secara spesifik adalah bagian dari cara merawat tanaman agar tumbuh subur dan cepat, serta mencegah kerusakan.

Gejala khas dapat mencakup flu, mata gatal, dan bahkan asma. Akan sulit untuk mendiagnosis alergi tanaman hias yang umum, karena ada banyak jenis alergen dalam ruangan lainnya.

Penyebab lain pemicu alergi terhadap tanaman hias adalah dengan melakukan kontak langsung dengan tanaman.

Jika kulit Anda bersentuhan dengan cairan atau getah tertentu dari berbagai tanaman, dapat menyebabkan gatal, eksim, dan bahkan mungkin bengkak pada kasus yang lebih parah.

Berpontensi menyebarkan alergen di udara

Pada dasarnya, setiap tanaman hias berbunga berpotensi menyebabkan alergen di udara karena produksi serbuk sarinya. Jika Anda alergi terhadap serbuk sari, Anda harus menghindari tanaman hias berbunga seperti anggrek, Stephanotis, dan tanaman hias berbunga lainnya.

Baca juga: 11 Tanaman Hias Berwarna Sage Green yang Dapat Mempercantik Rumah

Hal lain yang dapat menyebabkan alergen udara di dalam ruangan adalah jamur di tanah tanaman. Jamur tumbuh di tanah jika Anda membiarkan tanah terlalu basah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com