Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Membersihkan Lantai Rumah agar Berkilau dan Tampak Baru

Kompas.com - 09/02/2022, 23:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lantai merupakan bagian krusial dalam sebuah rumah atau bangunan lantaran hampir semua kegiatan dilakukan di atas lantai

Karena itu, penting menjaga kebersihan lantai dengan membersihkannya secara rutin. Lantai rumah yang bersih tidak hanya membuat rumah tampak indah dan terawat, tapi juga mendatangkan kesehatan bagi penghuninya. 

Baca juga: Cara Membersihkan Lantai Kayu Keras Secara Alami

Tak hanya itu, membersihkan lantai juga memberikan keuntungan dalam hal estetika, kebersihan, dan melindungi lantai sebagai investasi di rumah Anda. 

Dilansir dari Woman and Home, Rabu (9/2/2022), berikut tips membersihkan lantai rumah agar kembali berkilau dan tampak baru. 

Baca juga: 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membersihkan Lantai Kayu

Sapu dan vakum lantai 

Ilustrasi menggunakan vacuum cleaner handheld. SHUTTERSTOCK/PH888 Ilustrasi menggunakan vacuum cleaner handheld.
Langkah pertama membersihkan lantai adalah menyapu dan menyedot debu setidaknya sekali seminggu atau kapan pun Anda merasakan atau melihat kotoran dan serpihan.

Menyapu atau menyedot debu secara rutin dapat membantu menghilangkan sebagian besar kotoran sebelum menempel pada nat atau lantai itu sendiri.

Kegagalan menyapu atau menyedot debu akan menyebabkan butiran kotoran menempel pada lantai. Butiran kotoran itu akhirnya merusak ubin, menumpulkannya, dan membuatnya sulit dibersihkan.

Meski dapat menggunakan penyedot debu untuk membersihkan lantai, seiring waktu hal itu mulai menggores lantai, terutama jika menggunakan pengaturan lantai kosong.

Untuk menghindari hal ini, gunakan vacuum cleaner tabung dan pastikan memiliki sambungan sikat lantai untuk mencegah kerusakan permukaan lantai. 

Baca juga: Perhatikan, Ini Cara Membersihkan Lantai Keramik, Kaca, dan Bata 

Pel lantai menggunakan produk pembersih ringan 

Ilustrasi mengepel lantai dengan kain pel. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi mengepel lantai dengan kain pel.
Untuk lantai dapur, setidaknya perlu diberishkan atau dipel setiap dua minggu sekali dan lantai kamar mandi seminggu sekali karena kuman cenderung menumpuk lebih banyak di sana.

Gunakan larutan pembersih yang lembut untuk meningkatkan kilau serta warna lantai. Jika tidak yakin pembersih mana yang harus digunakan, Anda dapat menggunakan air dan sedikit cairan sabun pencuci piring.

Selain itu, gunakan cuka putih dan air, kecuali lantai marmer, karena kedua bahan ini aman untuk rumah yang memiliki anak-anak dan hewan peliharaan.

Namun, sebelum melakukan metode ini, periksa instruksi pabrik untuk lantai Anda, terutama jika lantai memiliki harga mahal karena cenderung membutuhkan perawatan khusus.

Misalnya, tidak boleh menggunakan pel dengan bulu kaku untuk membersihkan lantai marmer. 

Baca juga: Feng Shui Apartemen, Lebih Baik Lantai Tinggi atau Rendah?

Menghapus residu sabun 

Membersihkan lantai dengan sabun cuci piring terkadang membuat lantai terlihat keruh. Untuk menghindarinya, gunakan pembersih cair non-abrasif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com