Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan, Ini Cara Membersihkan Lantai Keramik, Kaca, dan Bata

Kompas.com - 04/02/2022, 15:07 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Houzz

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak semua rumah memiliki lantai yang sama. Ada beberapa rumah yang menggunakan lantai keramik, sebagian memakai bata untuk ruangan atau teras

Tentu saja, setiap jenis lantai rumah ini memerlukan cara pembersihan yang berbeda. Dikutip dari Houzz, Jumat (4/2/2022), berikut cara membersihkan lantai rumah yang terbuat dari keramik, kaca, dan bata. 

Baca juga: Ingin Memasang Lantai Vinyl? Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Cara membersihkan lantai keramik

Ilustrasi lantai - Membersihkan lantai keramik pakai spons.SHUTTERSTOCK / Alina Bitta Ilustrasi lantai - Membersihkan lantai keramik pakai spons.

Keramik mengkilap dan ubin vitrifikasi memiliki kemilau pelindung. Meski begitu, lantai tersebut hanya membutuhkan perawatan biasa secara berkala.

Kamu hanya perlu menyapu atau menyedot debu pada lantai, kemudian mengepelnya dengan kain lembut menggunakan detergen ringan dan air hangat.

Jika lantai keramik sudah tidak mengkilap karena residu dari cara pembersihan yang kurang tepat, coba pakai cuka atau jus lemon segar, kemudian campur dengan air hangat untuk mengepel lantai.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Menghilangkan Noda Minyak di Keramik Dapur

Cara membersihkan lantai kaca

Lantai kaca (glass tiles) tidak berpori sehingga tahan terhadap noda dan jamur. Namun, permukaannya yang mengkilap lebih mudah menunjukkan noda sidik jari, buih sabun, dan air.

Jika ingin membersihkan buih sabun, gunakan pembersih jendela biasa. Sementara itu, untuk membersihkan endapan mineral yang disebabkan air sadah, semprot larutan air dan cuka.

Selanjutnya, oleskan sedikit baking soda pada kain lap dan gosok permukaan lantai secara perlahan, lalu bilas dengan air bersih sebelum mengepel ubin hingga kering.

Namun, sebelum mengepel lantai, sapu terlebih dulu. Jangan mengepel lantai dalam keadaan kotor karena dapat menyebabkan goresan pada lantai kaca.

Baca juga: 3 Alasan Utama Mengapa Batu Bata Harus Dipasang Secara Zig-Zag

Cara membersihkan lantai bata

Ilustrasi lantai kaca, ilustrasi ubin kaca, ilustrasi glass tiles.SHUTTERSTOCK / mbrphoto Ilustrasi lantai kaca, ilustrasi ubin kaca, ilustrasi glass tiles.

Bata sangat berpori dan mudah menyerap pasir serta kotoran. Dengan demikian, lantai bata perlu dibersihkan secara rutin seperti menyapu lantai bata dan mengepelnya.

Selanjutnya, bersihkan dengan larutan cuka dan air menggunakan perbandingan satu bagian cuka dan 15 bagian air.

Baca juga: Trik Membersihkan Lantai dengan Cuka, Baking Soda, dan Air Sabun

Cara lain yang dapat dilakukan adalah  mencampurkan dua sendok makan baking soda atau boraks ke dalam empat liter air. Gunakan campuran ini untuk mengepel lantai bata.

Jika ingin menghilangkan noda dan kotoran yang membandel, gunakan penggosok nilon berbulu kaku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com