Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat dan Membersihkan Lantai Teras Berdasarkan Materialnya

Kompas.com - 10/01/2022, 16:28 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki lantai teras yang bersih dan berkilau menjadi hal yang diidamkan banyak penghuni rumah.

Namun, paparan sinar matahari, debu, hujan, dan kondisi teras yang berada di luar ruangan membuat lantai teras menjadi lebih kusam dan bernoda seiring waktu. 

Baca juga: 7 Ide Mendekorasi Teras Rumah agar Terlihat Menarik

Melansir dari Martha Stewart, Senin (10/1/2022), lantai teras yang terbuat dari kayu, batu bata, batu, beton, atau komposit memerlukan perawatan rutin dan pembersihan sesekali untuk memastikan kondisinya tetap terlihat seperti baru.

Berikut beberapa cara merawat dan membersihkan lantai teras berdasarkan materialnya. 

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Teras Rooftop di Rumah Kecil, Nyaman dan Teduh  

Tips perawatan dasar lantai teras 

Ilustrasi teras kecil di rumah.SHUTTERSTOCK/JOE HENDRICKSON Ilustrasi teras kecil di rumah.
Untuk membersihkan lantai luar ruangan seperti teras, gunakan sapu untuk permukaan luar ruangan dan sapu sesering mungkin untuk menghilangkan debu dan kotoran.

Kemudian, siram lantai teras menggunakan selang air untuk menghilangkan zat atau noda yang menempel. Sebaiknya, memulai dengan metode pembersihan paling lembut.

Jika tidak berhasil, cobalah menggunakan produk bahan kimia yang kuat. Namun, sebelum bekerja dengan produk pembersih atau mengoleskan noda, penting membaca semua petunjuk dengan cermat. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias Berduri yang Dapat Mempercantik Teras Rumah

Gunakan hanya sikat scrub berbahan bulu alami atau plastik. Sikat logam dapat menggores permukaan dengan mudah dan menyebabkan pewarnaan.

Basahi permukaan dengan air sebelum menggunakan larutan pembersih untuk menghindari pewarnaan. Jangan biarkan larutan pembersih mengering pada permukaan.

Disarankan membersihkan lantai teras pada hari yang sejuk dan mendung. Pastikan membilas semua larutan pembersih secara menyeluruh dari permukaan lantai teras dengan air biasa.  

Baca juga: 5 Tips Ciptakan Teras Rumah Minimalis Bernuansa Zen

Batu bata

Ilustrasi teras rumahUNSPLASH/Tomas Anton Escobar Ilustrasi teras rumah
Dengan menggunakan alat pembersih permukaan atau nozel bertekanan tinggi, Anda dapat membersihkan permukaan lantai teras dengan material batu bata. 

Cobalah menyemprotkan sapuan horizontal di atas area selebar satu meter sekaligus. Disarankan menggunakan air dan pembersih dengan penyemprot untuk menghilangkan noda dan membersihkannya.

Untuk noda membandel, gunakan pembersih dan gosok dengan sikat kawat. Jika berurusan dengan jamur dan lumut, gunakan pemutih klorin dan air dalam jumlah yang sama untuk menghilangkannya.

Encerkan pembersih khusus untuk batu berbasis asam guna mengatasi karat dan ikuti instruksi pabrik dengan hati-hati. Bilas sampai bersih serta biarkan lantai mengering. 

Baca juga: 5 Tanaman Herbal yang Cocok Ditanam di Teras Rumah 

Beton

Untuk membersihkan lantai teras beton dengan baik, campurkan air panas dan pembersih rumah tangga serbaguna atau pembersih beton dalam ember.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com