Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Dekorasi Membuat Teras Kecil Tampak Luas dan Besar

Kompas.com - 17/12/2021, 18:22 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak setiap rumah dilengkapi dengan teras yang besar dan luas. Sama dengan ruangan di dalam rumah, teras yang kecil memang membuat tidak leluasa bergerak.

Namun, tak perlu khawatir, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat teras kecil tampak besar serta luas. Meski demikian, melengkapi teras rumah yang kecil menjadi tugas menantang. 

Baca juga: Trik Memilih Tanaman untuk Teras dengan Sinar Matahari Naungan

Akan tetapi, dengan perabotan, aksen, dan pencahayaan yang tepat, Anda dapat membuat teras kecil menjadi lebih besar dari ukuran sebenarnya.

Melansir dari Better Homes and Gardens, Jumat (17/12/2021), berikut lima ide dekorasi membuat teras kecil terlihat besar.

Gantung tirai luar ruangan

Ilustrasi teras, ruang tamu luar ruanganUnsplash/Randy Fath Ilustrasi teras, ruang tamu luar ruangan
Menggantung tirai di teras atau area luar ruangan dapat menarik dan mengalihkan perhatian. Pilih gorden yang terbuat dari kain ramah luar ruangan seperti Sunbrella untuk melindunginya dari elemen dan mencegah warna memudar akibat sinar matahari

Pasang batang gorden di luar ruangan untuk menggantung tirai, lalu gunakan tirai untuk secara visual menentukan zona hiburan atau percakapan di teras. 

Baca juga: 7 Tanaman Gantung Populer untuk Diletakkan di Teras Rumah 

Tambahkan cermin

Menggantungkan cermin di teras rumah dapat memantulkan sinar matahari sehingga membuat ruang luar atau teras terasa lebih luas serta terbuka.

Jika teras atau dek terbuka, belilah cermin taman yang terbuat dari bahan yang dapat menahan elemen, tapi hindari menggantung di bawah sinar matahari langsung. 

Baca juga: 4 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Teras dan Balkon

 

Gabungkan tanaman tinggi 

Tarik pandangan ke atas dengan menambahkan satu atau dua tanaman tinggi yang diisi dengan tanaman semusim, tanaman keras, atau sukulen berbunga.

Tambahkan pohon cedar kecil, semak boxwood, tanaman tropis, atau pohon hias mini jika lebih menyukai tanaman hijau daripada mekar.

Atau isi penanam tinggi dengan cabang dan bunga palsu jika Anda bukan tukang kebun yang ahli. 

Baca juga: Tips Membuat Teras sebagai Ruang Bersantai yang Nyaman

Pilih furnitur kecil

Ilustrasi teras rumahUnsplash/Collov Home Design Ilustrasi teras rumah
Menggunakan furnitur luar ruangan yang besar dapat membuat teras yang kecil semakin sempit. Sebaliknya, pilihlah tempat duduk skala kecil dengan garis-garis yang bersih dan sempit.

Satu set bistro untuk dua orang menyediakan ruang untuk percakapan dan makan sambil tetap memungkinkan arus lalu lintas.

Bisa pula menggunakan bangku bergaya kursi malas bisa berfungsi ganda sebagai sofa untuk berbaring dengan buku dan tempat duduk untuk dua orang. 

Baca juga: Pilihan Skema Warna Untuk Teras Rumah 

Pasang pencahayaan 

Untuk menerangi pertemuan di teras serta mencerahkan sudut-sudut gelap, Anda bisa menggunakan lampu senar.

Selain itu, bisa pula memilih mendekorasi dengan lampu luar ruangan—lentera kertas, lampu gantung bertenaga baterai, lampu peri surya, atau lampu senar bergaya Edison klasik.

Semua pencahayaan ini adalah cara bagus untuk mengisi teras rumah dan membuat teras tampak menarik dan luas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com